Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 31 Oktober 2021

Jaga Stabilitas Keamanan Kedua Negara, TNI AL Bersama Royal Australian Navy Gelar Latma New Horizon 2021


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Untuk menjamin terpeliharanya mutual trus building yang berdampak positif terhadap stabilitas keamanan antara Indonesia dan Australia, TNI Angkatan Laut dalam hal ini  Komando Armada II bersama Royal Australian Navy (RAN) kembali menggelar Latihan Bersama New Horizon 2021. 

Dengan tiga ketukan palu oleh Kepala Staf Koarmada II, Laksma TNI Rachmad Jayadi mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H,M.A.P., M.Tr.(Han), maka latihan rutin bersama dua tahunan yang sudah berlangsung sejak tahun 1974 ini secara resmi dibuka. Upacara pembukaan berlangsung di Ruang TFG Puslatkaprang Kolat Koarmada II, pada Jumat (29/10/2021).

Melalui sarana video conference, RAN Commander Fleet yakni Rear Admiral Mark Hammond, ikut hadir dalam upacara pembukaan bersama anggota delegasi RAN lainnya yakni CAPT Rodney J.Griffith (Atal Australia), serta Komandan HMAS Anzac CDR David McPherson. Sementara dari delegasi TNI AL ikut hadir Asops dan Asintel Pangkoarmada II, Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 sebagai Dansatgas, Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji, Komandan Kolat Koarmada II, dan sejumlah Kasatker Koarmada II.

Dalam New Horison 2021 kali ini, TNI AL mengerahkan dua kapal perang yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan KRI Malahayati-362 dan sebuah Heli Panther. Di pihak RAN, mereka meluncurkan HMAS Anzac F-150 dan sebuah Heli MH-60R. Materi latihan kali ini dititikberatkan pada pengembangan latihan peperangan anti kapal permukaan/Anti-Surface Warfare (ASuW), meliputi fase latihan pangkalan (Harbour Phase) di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Komando Latihan Koarmada II, pada tanggal 29 - 30 Oktober 2021. 

Dilanjutkan dengan manuver lapangan (Sea Phase) di Laut Jawa dan Bali pada tanggal 31 Oktober–3 November 2021, yang berupa latihan Photoex, RAS Approach, SURFEX dan GUNEX, dan  MIOEX.

Kemudian ditutup dengan fase pengakhiran dimana rangkaian kegiatan dilaksanakan secara contactless, dan penerapan protokol kesehatan terkait adanya pandemik global Covid-19.

Sementara itu Pangkoarmada II dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kaskoarmada II mengungkapkan, jika selama bertahun-tahun TNI AL dan RAN telah menjalin hubungan yang sangat kuat. Berbagai macam aktitivitas telah diselenggarakan dalam lingkup kerjasama dan bertukar pengalaman antar kedua angkatan laut. 

“Saya percaya Latma New Horizon 2021 akan berjalan dan tercapai dengan baik, melalui berbagai macam serial latihan yang dilaksanakan saat latihan praktis atau manuver lapangan. Sehingga hal ini bisa menjadi kesempatan baik untuk mempererat komunikasi dan bertukar pikiran, “ ujar Laksda Iwan.

Selanjutnya menandai hubungan baik kedua negara, di penghujung acara dilaksanakan pertukaran cenderamata antar delegasi. Dimana Kasarmada II memberikan plakat kepada Cpt Rodney J. Griffith , dan sebaliknya Ia memberikan cenderamata berupa alat musik khas suku Aborigin Australia. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar