Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 25 September 2017

Masyarakat Halut dan Morotai Aantusias Saksikan Nobar G30S/PKI


KABARPROGRESIF.COM : (Tobelo) Kegiatan nonton bareng pemutaran film G30S/PKI ternyata tidak hanya dilakukan oleh jajaran Institusi TNI, akan tetapi juga dilaksanakan oleh warga masyarakat di wilayah Kab. Halmahera Utara dan Kab. Pulau Morotai Prov. Maluku Utara.

Kegiatan nobar yang awalnya merupakan instruksi dari Panglima TNI kepada jajarannya di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Kodim 1508/Tobelo, namun pada perkembangannya mendapat sambutan positif dan antusias dari masyarakat yang juga ikut menggelar nobar diwilayahnya, untuk wilayah Kab. Halut sendiri terpantau nobar digelar di beberapa lokasi diantaranya di Desa Kusu Lovra Kec. Kao, di Desa Sosol dan Balisoang Kec. Malifut, di Desa Mailoa Kec. Tobelo dan di Desa Ngidiho Kec. Galela Barat.

Sementara itu di Pulau Morotai sendiri terpantau di Desa Darame Kec. Morotai Selatan dimana pelaksanaan nonton bareng tersebut dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan masing-masing, selama proses pemutaran film G30S/PKI terlihat antusiasme masyarakat begitu tinggi sebab film yang pernah menjadi tontonan wajib pada setiap tanggal 30 September tersebut dihentikan penayangannya semenjak tahun 1998 bahkan mulai dihilangkan dari kirikulum sekolah, semenjak itu cerita tentang kekejaman kelompok PKI terputus dan banyak sekali generasi muda yang tidak mengenal sejarah bangsanya sendiri oleh karenanya dengan adanya pemutaran film yang diinisiasi oleh jajaran TNI ini mendapat respon positif dari warga masyarakat sekaligus momentum yang sangat baik mengenalkan sejarah kelam bangsa yang pernah terjadi agar menjadi pembelajaran bagi seluruh anak bangsa.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Herwin Budi Saputra menyampaikan bahwa jajarannya banyak menerima permintaan dari masyarakat untuk dilakukan pemutaran film G30S/PKI di wilayahnya dan dalam hal ini kami sangat mendukung keinginan positif dari masyarakat tersebut dan berharap nobar G30S/PKI dapat terus digelar di seluruh pelosok wilayah Kab. Halut dan Kab. P. Morotai secara bergantian hingga puncaknya dilaksanakan pada malam 30 September mendatang. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar