Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 06 April 2023

Massa Geruduk KPK, Protes Firli Bahuri Copot Brigjen Endar


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Sejumlah aliansi masyarakat menggelar demonstrasi di depan gedung KPK, Jakarta Selatan. 

Massa memprotes sikap pimpinan KPK mencopot Brigjen Endar Priantoro dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK.

Ada tiga elemen massa yang melakukan demo di KPK hari. Massa ini terdiri dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Aliansi HMI Jakarta Raya, dan Aliansi Rakyat Peduli Keadilan.

Para demonstran membawa sejumlah poster berisi protes atas sikap pimpinan KPK mencopot Endar. Ketua KPK Firli Bahuri menjadi sasaran utama dari aksi massa hari ini.

Demo ini juga sempat diwarnai dengan aksi bakar ban di gedung KPK. Orator demo dari atas mobil komando mempertanyakan sikap pimpinan KPK yang mencopot Endar Priantoro.

"Pencopotan Endar tidak memenuhi unsur hukum kawan-kawan, kesannya berpolitik kawan-kawan. Kenapa kami sampaikan kesannya berpolitik? Direktur Penyelidikan Brigjen Pol Endar menangani kasus-kasus raksasa kawan-kawan. Bukan hanya dua kasus kawan-kawan, tapi banyak sekali. Kok dicopot sepihak oleh kakanda Firli Bahuri. Ini ada apa kawan-kawan?" pekik orator dari atas mobil komando depan gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Orator dari tiga aliansi masyarakat ini secara bergantian menyerukan protes kepada KPK. 

Massa demo menyatakan sikap tidak percaya terhadap kepemimpinan Firli di KPK.

"Hari ini kami sampaikan kepada lembaga antirasuah yang dipimpin oleh kakanda Firli Bahuri bahwa hari ini masyarakat kecewa dengan kepemimpinannya. Masyarakat tidak percaya dengan lembaga KPK yang dipimpin oleh kakanda Firli Bahuri dan kelompoknya," ujar orator.

Polemik Pencopotan Endar

KPK mencopot Endar dari jabatan Direktur Penyelidikan dengan alasan masa tugasnya dari Polri berakhir pada 31 Maret 2023. 

Pencopotan itu kemudian menuai polemik karena Kapolri telah memperpanjang masa tugas Endar di KPK dengan surat kepada pimpinan KPK tertanggal 29 Maret 2023.

Kapolri juga kembali membalas surat penghadapan kembali Endar ke Polri yang dikirim KPK. Dalam surat itu, Kapolri kembali meminta agar Endar tetap bertugas di KPK.

Endar pun telah mengadukan polemik ini ke Dewan Pengawas KPK. Dia berharap Dewas bisa menuntaskan polemik yang terjadi.

KPK kemudian buka suara. KPK menegaskan pencopotan dilakukan karena masa tugas Endar berakhir per 31 Maret 2023. 

KPK juga menyatakan tidak mengajukan perpanjangan masa tugas Endar, melainkan merekomendasikan Endar mendapat promosi di Polri.

0 komentar:

Posting Komentar