Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 29 Agustus 2020

KPU Surabaya Ajak Komunitas Netizen Tangkal Hoax di Pilkada 2020



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengajak kaum milenial untuk berperan aktif menangkal kabar hoax atau berita palsu).

Terutama, jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Kali ini, sosialisasi digelar dengan menggandeng Komunitas Netizen Surabaya (KNS).

Meski berlangsung secara tatap muka, namun sosialisasi yang berlangsung di kawasan Jalan Raya Dharmawangsa Surabaya itu berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonokromo Surabaya, Samsul Arifin mengajak seluruh peserta yang hadir agar smart dalam mengkonsumsi berita atau informasi terkait politik. 

Terutama, informasi yang bertujuan untuk menyudutkan orang lain atau lawan politik.

"Perlu kita filter berita-berita tersebut yang sekiranya berita itu menyudutkan orang lain atau lawan politiknya. Kalau berita-berita itu sudah sifatnya menjatuhkan lawan politik, sebaiknya dihindari," kata Samsul, Jum'at (28/8) malam. 

Samsul menyatakan, bahwa setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah ber KTP, berhak untuk memilih siapapun calon kepala daerah. 

Namun sebelum menentukan pilihan, Samsul mengimbau kepada kaum milenial agar dapat mengetahui informasi terkait track record atau rekam jejak calon pilihannya itu. 

Sebab, kaum milenial memiliki peran besar dalam menentukan masa depan Kota Surabaya mendatang.

"Kita ini negara demokrasi, mau dukung siapa saja boleh. Tapi kalau sudah menjatuhkan orang lain, silahkan dihindari. Sebaiknya kita menghindari cemohan atau yang sifatnya menjatuhkan orang lain," katanya.

Menurutnya, memilih sosok yang akan menjadi pemimpin Kota Surabaya itu ibarat seperti makan kue. Jika kue itu dimakan, tentunya setiap rasa di lidah orang itu berbeda atau mungkin sama. 

Ini sama halnya dengan menentukan calon pilihan.

"Kita yang merasakan tidak sama dengan orang lain. Kalau cocok silahkan dipilih, tapi jangan menjelekkan lawan politik kita. Naiklah setinggi langit tapi jangan menjatuhkan," pesan dia.

Sementara itu, Ketua Surabaya Creative Network (SCN), Hafshoh Mubarok menyatakan, bahwa anak muda memiliki peran besar dalam mensukseskan Pilkada Surabaya 2020. 

Kaum milenial dapat berpartisipasi dalam mensukseskan hajatan besar itu.

"Anak muda berpartisipasi dari mana? Teknologi yang ada saat ini ada twitter, facebook, instagram itu kita bisa manfaatkan untuk memberikan informasi ke masyarakat," kata Hafshoh. 

Akan tetapi, Hafshoh juga mengimbau kepada seluruh anak muda yang hadir agar bijak dalam memanfaatkan media sosial tersebut. 

Caranya, yakni dengan melakukan cek dan ricek ketika mendapat informasi atau berita sebelum menshare ulang.

"Kita harus bisa memilih, berita mana yang harus kita sebar, berita mana yang harus share atau berita harus yang ditonton banyak orang," pungkasnya. (Ar)

0 komentar:

Posting Komentar