Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 24 April 2024

Pj. Gubernur Jatim Resmikan Layanan Hematologi dan Onkologi Anak RSUD Dr. Soetomo


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo kini memiliki fasilitas baru yakni Layanan Hematologi dan Onkologi Anak. 

Layanan tersebut, diresmikan oleh Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, di Lt. 2, Gedung Oncology Center RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, pada Selasa (23/4/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy mengatakan, peresmian ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) untuk meningkatkan kualitas layanan publik, serta sarana pendidikan dan penelitian kesehatan yang setara dengan rumah sakit internasional. 

“Ini adalah langkah kecil tetapi berdampak langsung kepada tingkat kepuasan masyarakat, apalagi untuk anak-anak yang membutuhkan ruangan dan lingkungan khusus yang ramah anak,” ujar Pj. Gubernur Adhy. 

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Adhy menerangkan, sebelumnya layanan baru ini dipindahkan dari lokasi yang padat antrian ke Oncology Center. 

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan layanan, sehingga pasien tidak perlu antri terlalu lama bahkan sampai menginap. 

“Targetnya adalah tidak ada antrian, tanpa menginap, bisa one day untuk layanan semua transfusi darah dan urusan hematologi,” terangnya. 

Dengan diresmikannya layanan baru ini, Pj. Gubernur Adhy Karyono pun mengapresiasi RSUD Dr. Soetomo karena telah banyak melakukan perubahan dalam sistem dan digitalisasi layanannya. 

Ia berharap, rumah sakit ini dapat terus memberikan layanan terbaik sesuai dengan standar internasional. 

“Kita apresiasi betul RSUD Dr. Soetomo ini, karena telah melakukan banyak perubahan sistemik dan digitalnya, dari data-data, serta manajemen yang bagus dan kita tidak lupa untuk memberikan layanan terbaik,” tuturnya.

Pj. Gubernur Adhy pun berharap, peresmian layanan baru ini dapat meningkatkan angka kunjungan pasien dari Surabaya dan Jawa Timur, sehingga masyarakat tidak perlu lagi memilih berobat ke luar negeri.

“Maka targetnya adalah bagi orang-orang yang mampu atau tertarik untuk berobat di sini (RSUD Dr. Soetomo). Kita mengurangi banyak orang yang memilih berobat ke luar negeri sebetulnya, karena dengan standar layanan dan peralatan yang paling canggih,” tutur Adhy Karyono.

Di sisi lain, Direktur Utama (Dirut) RSUD Dr. Soetomo, Cita Rosita Sigit Prakoeswa menyampaikan, sebelum layanan hematologi dan onkologi ini diresmikan, para pasien mengalami penundaan perawatan kemoterapi. 

Namun setelah adanya layanan ini, Ia berharap para pasien lebih nyaman dalam menjalani perawatannya. 

“Di poli yang lama itu karena mereka adalah immunocompromised, pasien yang kekebalannya rendah karena kanker dan kelainan darah, sehingga diharapkan mereka bisa lebih nyaman dan lebih aman di sini karena perawatan lebih terfokus untuk anak-anak itu,” pungkasnya. 

Pada agenda peresmian layanan di RSUD Dr. Soetomo ini, turut hadir perangkat daerah di lingkup Pemprov Jatim terkait, Dekan Fakultas Kedokteran UNAIR Prof. Budi Santoso, serta jajaran manajemen RSUD Dr. Soetomo. 

0 komentar:

Posting Komentar