Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 03 Desember 2018

KAL Warakas Satrol Lantamal V Bantu Evakuasi Korban KM. Gerbang yang Terbakar


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Kapal Angkatan Laut (KAL) Warakas yang berada skbawah Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL V (Satrol Lantamal V) diterjunkan untuk membantu evakuasi korban Kapal Roro KM Gerbang Samudra I yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tujuan Pelabuhan Bandarmasih terbakar, Minggu (2/12/2018) dinihari.

Kapal terbakar sekitar 5 jam setelah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sumber dari Basarnas Banjarmasin menyebutkan, kapal mulai terbakar sekitar atau dengan posisi di Perairan Karang Jamuang atau dengan koordinat D. Koordinat TKK*- 06° 35' S 112° 54' E. Saat kejadian Kondisi Cuaca sangat cerah.

Menurut Dansatrol Lantamal V Kolonel Laut (P) Didik Dwijantoko mengatakan perkembangan terakhir giat SAR KM. Gerbang Samudra I (KM GS 1) untuk api sudah berhasil dipadamkan namun kondisi kapal masih banyak asap mengepul dan kemungkinan masih ada bara api di dalam kapal.

KAL Warakas sudah melaksanakan pergerakan mendekat sampai jarak terdekat maksimal untuk mengecek apakah masih ada personel di dalam. Untuk saat ini KAL Warakas lanjut melaksanakan penyisiran di sekitar lokasi kejadian bersama KN. Widura dan KN. Grantin.

Untuk kronologis kejadian terbakarnaya KM GS 1 sendiri lanjut Ddidik, diawali pada pukul 01:40 Wib Kepanduan karang jamuang mendapat Info dari Surabaya, bahwa KM Gerbang Samudra I terbakar Kemusian Pada Jam 01:40 Wib Kepanduan Karang jamuang Memanggil KM GS 1di Chanel. 16 dan dijawab oleh Poleng Marine Terminal (Santo).

bahwa GS 1 terbakar pada Posisi 06' 35.975 S / 112' 54.389 E. Pada saat ini masih proses evakuasi penyelamatan korban di laut, dilakukan Crewboat Pan Marine XI.

Pada pukul 01:45 Wib, VTS Surabaya Menyampaikan berita diatas, dan minta tolong untuk disampaikan pada pihak terkait di Surabaya. Pada Jam 02:00 Wib Pan Marine XI menyampaikan jumlah Passanger (+/- 100 orang termasuk ABK) masih proses evakuasi korban dan masih kurang 6 0rang yang jatuh dilaut.

Pada Jam 02:05 Wib KM. Kumala Minta tolong mendekat ke posisi untuk evakuasi / transfer korban dari Pan Marine ke KM Kumala untuk dibawa ke Surabaya. Pada Jam 02:10 Wib Monitor Ch. 16 Pan Marine menemukan 3 orang terapung dilaut.

Pada Jam 02:15 Wib, KRI Silas Papare 386 Menyampaikan bahwa KM Gerbang Samudra hanyut kearah barat dan masih terbakar. Pada Jam 02:25 Wib Monitor Ch. 16 Pencarian korban masih kurang 3 orang (Captain dan 2 orang Kadet Perempuan).

Pada Jam 02:40 Wib KM. Kumala mulai proses transfer korban dari Pan Marine XI. Pada Jam 03:00 Wib, Proses Transfer korban ke  Kumala telah selesai dan Kumala melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

Pada Jam 03:05 Wib Pan Marine XI masih melanjutkan pencarian korban (3 Orang belum ditemukan) total manifest KM GS 1 penumpang: 87 orang Crew: 34 orang Posisi kapal terakhir di Koordinat TKK

- 06° 35' S 112° 54' E. Sedangkan untuk pers yang hilang sampai saat ini Kapten Kapal dan 2 kadet (perempuan). Untuk penumpang yang masih di IGD PHC Tanjung Perak 3 orang.(arf)

0 komentar:

Posting Komentar