Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 24 Mei 2022

Kakorlantas Polri Cek Pengamanan G20 dan GPDRR di Bali


KABARPROGRESIF.COM: (Bali) Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi kembali meninjau pengamanan lalu lintas selama ajang KTT G20 dan Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali.

"Hari ini kami bersama tim dari Korlantas Polri melakukan kunjungan asistensi ke Bali berkenaan dengan beberapa personel kita terjunkan untuk memperkuat jajaran Polda Bali," kata Firman dalam keterangannya, Senin (23/5).

Firman menyatakan, kedatangannya ini untuk kembali memastikan kesiapan pengamanan jelang event internasional tersebut. Ia berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

“Kegiatan pengamanan dalam rangka kegiatan G20, serta dalam waktu dekat ini GPDRR akan dilaksanakan dan kami datang duluan hari ini untuk memastikan semua berjalan dengan baik," ujarnya.

Adapun sejumlah lokasi yang dicek di antaranya, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Garuda Wisnu Kencana (GWK). 

Pengecekan dilakukan di jalur masuk dan keluar, infrastruktur jalan, lokasi parkir, hingga teknis drop off.

"Kita melakukan pengecekan langsung on the spot lokasi-lokasi yang akan dikunjungi oleh delegasi kita harus memastikan kesiapan baik dari panitia penyelenggara maupun nanti tuan rumah lokasi yang akan dikunjungi oleh delegasi," jelasnya.

Menurut dia, Korlantas Polri menerjunkan sebanyak 110 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) untuk memperkuat keamanan jajaran Polda Bali. Total personel yang dilibatkan sebanyak 2.834 orang.

"Kami memperkuat jajaran Polda Bali sebanyak 110pers di antaranya jajaran Korlantas 80 pers, 30 pers personel kita ambil dari Polda Jawa Timur, dari Polda Bali untuk di lokasi tertentu 200 pers, untuk keseluruhan 2834 personel yang akan dilibatkan pengamanan," kata dia.

Firman memastikan koordinasi terus dijalankan agar kesiapan dari panitia dan tuan rumah penyelenggaraan KTT G20 berjalan baik. Dia juga berharap, ekonomi serta pariwisata di Pulau Dewata Bali kembali pulih.

Dalam kunjungan kali ini, Firman didampingi Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A Purwantono, Wakapolda Bali, Brigjen Pol I Ketut Suardana, Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubdit Wal dan Pjr Korlantas Polri Kombes Pol Juni serta Dirlantas Polda Bali, Kombes Pol Prianto.

Indonesia resmi membuka perhelatan internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali pada Senin (23/5/2022).

GPDRR merupakan pertemuan global khusus kebencanaan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelenggarakan agenda tersebut setiap tiga tahun sekali.

Krisis global COVID-19 menyibak kerentanan yang berdampak besar terhadap negara-negara di seluruh dunia. 

Maka dari itu, pencegahan dan agenda pengurangan risiko sangat penting demi masa depan yang berkelanjutan.

Menanggapi hal itu, GPDRR berupaya memberikan wadah untuk kerja sama internasional dalam memperkuat tata kelola risiko bencana.

Agenda itu menyatukan pemerintah, sistem PBB, dan para pemangku kepentingan.

Kali ini, Indonesia menerima kehormatan untuk menjadi tuan rumah pertemuan yang pertama kali dilakukan di Asia. GPDRR berlangsung pada 23-28 Mei 2022. Acara ini akan diketuai bersama oleh Pemerintah Indonesia dan UNDRR.

Preparatory days digelar pada 23-24 Mei di Bali International Convention Center (BICC). Rangkaian pertemuan persiapan tersebut telah dimulai sejak Senin (23/5).

0 komentar:

Posting Komentar