Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 21 Maret 2018

Lantamal IX Gelar Pelatihan Selam Dasar Gurita Ambon-18


KABARPROGRESIF.COM : (Ambon) Selam, saat ini menjadi salah satu olahraga perairan yang sangat diminati oleh masyarakat. Bukan hanya digunakan sebagai olahraga saja, namun olahraga selam juga sering digunakan sebagai sarana mata pencaharian bagi masyarakat nelayan dan juga sebagai wisata bahari.

Dalam rangka memajukan cabang olahraga selam dan pengembangan wisata bahari di Provinsi Maluku, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar pelatihan selam dasar dengan nama Gurita Ambon-18 di Gedung Fasharkan Ambon. Rabu (21/03/2018).

Pelatihan tersebut diberikan instruktur selam Lantamal IX kepada para peserta meliputi peserta dari Satuan Polairud Polda Maluku, Satuan Brimob Maluku, Damkar Kota Ambon, PNS dan Mahasiswa Universitas Pattimura Ambon serta masyarakat Kota Ambon.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IX Ambon Letkol Marinir Indrayanto selaku Ketua Tim Pelatihan Selam Dasar Gurita Ambon-18 Lantamal IX saat membuka pelatihan tersebut mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya pelatihan selam dasar ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi yang pemula dan sebagai ajang mengasah kemampuan kembali bagi yang sudah pernah menyelam.

“Pelatihan selam dasar dilaksanakan selama 4 hari di Lantamal IX yaitu dimulai pada tanggal 19 Maret 2018 kemarin dan kegiatan pada hari ini dilaksanakan pemberian materi tentang pengenalan alat selam kepada para peserta dan selanjutnya akan dilaksanakan materi praktek selam dasar di laut hingga di tutup pada tanggal 22 Maret 2018”, jelas Danyonmarhanlan IX.

Pada pelatihan tersebut Lantamal IX bekerjasama dengan POSSI – CMAS Provinsi Maluku dengan menghadirkan instruktur selam dasar. Pada kesempatan itu, Instruktur Pieter C.H. Manihin memaparkan materi tentang pengenalan awal selam dasar, pengenalan organisasi selam se-Indonesia dan beberapa resiko pada penyelaman. Selanjutnya disampaikan juga prasyarat untuk menjadi peselam, program khusus dan latihan lanjutan serta pengetahuan daya apung peralatan, pakaian selam, bouyancy compensator device dan Weight belt serta pengenalan peralatan selam.

Selain pelatihan selam dasar, Lantamal IX juga memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang selam tempur kepada para peserta yang disampaikan oleh Kapten Laut (P) Mohamad Makruf.

Hadir dalam kegiatan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IX Kolonel Marinir Nanang Purwoko, Intruktur Selam Dasar Gurita Ambon-18 dari Lantamal IX dan Instruktur dari POSSI – CMAS serta para peserta. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar