Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 06 Desember 2018

Danpusdikpel Kodiklatal Buka Lomba Prajurit Tangkas


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Tunggul membuka  lomba Prajurit Tangkas yang lebih dikenal dengan Jurit Tangkas. Lomba Prajurit Tangkas tersebut diikuti 20 siswa yang sedang menempuh pendidikan di beberapa sekolah dibawah Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal.

Lomba yang digelar di lapangan apel Sekolah Artileri (Seart) kesatrian, Bumimoro. Kodiklatal Surabaya ini memperebutkan piala tetap Danpusdikpel dan juga uang Pembinaan. Dari 20 personel peserta lomba terbagi menjadi empat tim, tiap tim terdiri 5 personil. Tim-tim  tersebut mewakili sekolah yang berada di  bawah Pusdikpel, antara lain Sekolah Navigasi dan Bahari (senavbah), Sekolah Komunikasi (Sekom), Sekolah Artileri (Seart) dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar). 

Sedangkan Jenis yang dilombakan dalam jurit tangkas tersebut  adalah kecepatan dalam membawa alat pemadam kebakaran ( Porkeo dan selang nozle air damkar), kecepatan lomba kebaharian diantarnya peluit dan tali temali, lomba kesehatan dan diakhiri mendorong meriam Kaliber 37.

Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Tunggul dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan lomba  ”prajurit tangkas” antar sekolah di jajaran Pusdik Pelaut Kodikopsla Kodiklatal ini  adalah untuk  melatih ketangkasan dan kesamaptaan jasmani siswa di lingkungan pusdik pelaut sekaligus menjalin silaturahmi serta tali persaudaraan antara siswa dan antap di lingkungan Pusdik Pelaut.

Selain itu lomba prajurit tangkas ini juga membentuk jiwa korsa antar siswa,  membentuk prajurit yang tanggap tanggon dan trengginas selama melaksanakan pendidikan di pusdikpel serta melatih kerja sama antar siswa yang berbeda strata ( antara tamtama dan perwira) sebagai bekal dalam menyongsong kedinasan berikutnya.

“Kegiatan lomba prajurit tangkas ini merupakan momentum yang tepat untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembinaan mental, fisik, teamwork dalam mengatasi suatu problem dan tingkat kesamaptaan bagi para siswa yang menempuh sekolah sekolah dibawah Pusdikpel,” tegas Pamen melati dipundak tersebut.

Disisi lain disampaikan bahwa prestasi atau karya yang besar tidak datang begitu saja. semuanya memakan waktu dan proses sehingga diperlukan kerja keras, ketekunan, ketabahan, kerja sama tim, kedisiplinan serta profesional dalam bertindak atau bekerja.

Diakhir amanatnya Danpusdikpel menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia lomba yang telah menyususun kegiatan lomba dengan harapan dilaksanakan dengan penuh semangat dan tetap memperhatikan keselematan baik personel maupun materiel. Sedangkan kepada peserta lomba berpesan agar menunjukan kerja kekompakan dan saling membantu, menjunjung jiwa sportifitas serta fokus dalam materi latihan.

Dengan berakhirnya lomba yang dilaksanakan satu hari tersebut Juara I dari tim sekolah artileri, juara II tim sekolah navigasi bahari dan juara III tim sekolah senjata bawah air. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar