Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 23 Maret 2022

Isu Reshuffle Rabu Pon, Ini Kata Wakil Ketua DPR RI


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memercayakan hari yang tepat untuk dilakukannya reshuffle kabinet kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sebab, menurutnya itu sudah menjadi kewenangan Presiden.

"Mau dia ada reshuffle-nya hari Rabu, hari apa tergantung Presiden aja. Kalau ada ya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Jika reshuffle kabinet terjadi, Dasco yakin Jokowi dalam melakukan perombakan itu sebelumnya sudah membaca dinamika-dinamika yang ada di masyarakat.

"Masalah oke enggak oke kan itu Presiden yang tahu. Tentunya itu akan menjadi bahan penilaian bagi Presiden apabila ada reshuffle tentu kemudian ya mempertimbangkan mana yang dipertahankan, mana yang diistirahatkan," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, isu reshuffle kabinet memang paling sulit ditebak. Sebab, keputusan reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden.

"Selalu gelap gulita. Sudah sering ada isu rombak kabinet hasil bocoran elit negara, tapi praktiknya tak pernah terjadi," kata Adi.

Adi mengatakan, meski publik mendorong menteri-menteri tertentu untuk diganti, namun perombakan menteri biasanya tidak terjadi.

"Presiden punya preferensi sendiri urusan reshuffle kabinet. Jadi, tentang reshuffle kabinet hanya Jokowi dan Tuhan yang tahu pasti, selebihnya hanya praduga dan isu-isu luaran saja," sambungnya.

Selain itu, Adi menilai jadi atau tidaknya reshuffle kabinet tidak akan menjadi persoalan besar bagi partai koalisi pemerintah.

"Karena isu reshuffle memang selalu liar," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar