Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 25 Februari 2021

Asah Naluri Tempur, Lantamal IX Latih Prajurit dan PNS Ketangkasan Dasar


KABARPROGRESIF.COM: (Ambon) Prajurit beserta Pegawai Negri Sipil (PNS) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX meaksanakan latihan ketangkasan dasar, dalam rangka membina ketahanan fisik dan mental di Kompleks Lantamal IX Desa Halong Kec. Baguala Kota Ambon. Rabu, (24/02/2021).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa performa Personil Lantamal IX harus terjaga dan ditingkatkan guna mendukung tugas yang Negara berikan sebagai benteng Nusantara.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ketangkasan dasar tempur, Perwira Staf Operasi (Pasiops) Yonmarhanlan IX Kapten Marinir Patrick Pattiasina memberikan penjelasan maket rute yang harus dilalui oleh seluruh personil yang tersusun dalam tim, dengan jarak tempuh sejauh 6 Km.

Ketangkasan dasar tempur kali ini dimulai dengan masing-masing tim yang dengan membawa pesan yang harus disampaikan kepada Komando atas dan mendapat berbagai macam gangguan problem diantaranya menembak pistol di lapangan tembak Yos Sudarso Lantamal IX, problem mendayung perahu karet sejauh 200 meter di dermaga beaching Lantamal IX, dilanjutkan menyisir pantai Halong menuju problem serangan bersenjata dan penyapuan sasaran yang menjadi halangan yang harus ditaklukan. Setelah menyelesaikan problem tersebut tim melanjutkan perjalanan ke Pantai Halong sebagai Finish untuk menyampaikan pesan komando.

Tidak hanya menyelesaikan problem utama (menembak pistol, dayung perahu karet dan gangguan serangan bersenjata) namun sepanjang perjalanan masing-masing tim mendapat gangguan dengan tujuan melatih naluri dan manuverkan tempur dalam menghadapi gangguan musuh. Semua hambatan yang dilalui harus dihadapi hingga tuntas dan taktik menghindar sesuai prosedur yang dinilai oleh pelatih, tim terbaik dan tercepat akan mendapatkan reward berupa bingkisan hadiah dari panitya.

Bertindak sebagai penanggung jawab latihan Asisten Staf Operasi (Asops) Danlantamal IX Letkol Laut (P) Yudi Priyatno, S.E turut serta dalam kegiatan ketangkasan dasar tempur yaitu Danlantamal IX, para Pejabat Utama dan para Kasatker Lantamal IX. (DISPEN LANTAMAL IX)

0 komentar:

Posting Komentar