Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 21 Februari 2024

HUT ke-105 Damkar Nasional di Surabaya Gelar Skill Competition hingga Pameran Alat Pemadam Kebakaran


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional tahun 2024 akan berlangsung di Kota Surabaya. 

Karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) tengah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Laksita Rini Sevriani menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan itu dimulai pada 27 Februari 2024, hingga puncak peringatan pada 1 Maret 2024. 

“Pada 27-29 Februari 2024 akan digelar Skill Competition di Politeknik Penerbengan (Poltekbang) Surabaya dengan 3 jenis perlombaan. Skill Competition diikuti oleh 50 kabupaten/kota se-Indonesia, masing-masing mengirimkan 6 orang dan 2 official. Total jumlah peserta dari 50 kabupaten/kota sebanyak 400 orang,” kata Laksita Rini, Rabu (21/2).

Pada 28-28 Februari 2024 akan digelar Expo Sarana Prasarana Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Seminar Internasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Grand City Convex Surabaya.

“Di tanggal yang sama, pada 29 Februari 2024 akan digelar Rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di di Grand City Convex Surabaya,” ujarnya.

Selanjutnya, pada 1 Maret 2024 akan dilaksanakan upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya dengan inspektur upacara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian.

“Upacara akan diikuti oleh seluruh Kepala Damkar Mandiri se-Indonesia, Dirjen Kemendagri, kabupaten/kota se-Jawa Timur, dan Forkopimda Kota Surabaya maupun Jawa Timur. Termasuk juga dengan Kepala OPD yang ada di lingkup Pemkot Surabaya. Total peserta upacara ada 1.050 peserta,” jelasnya.

Laksita Rini mengaku, seluruh persiapan yang dilakukan Pemkot Surabaya telah tertata. 

Termasuk menyiapkan seluruh peralatan, prasarana, tempat, serta pembagian tugas masing-masing Perangkat Daerah (PD) di lingkup Kota Surabaya.

Oleh sebab itu, Laksita Rini pun mengajak seluruh warga Kota Surabaya untuk menyaksikan pameran peralatan pemadam kebakaran yang akan berlangsung selama dua hari, yakni 28-29 Februari 2024.

“Saya mengajak seluruh warga Surabaya ikut berpartisipasi dalam rangka HUT ke-105 Damkar yang dipusatkan di Kota Surabaya. Monggo hadir bersama keluarga menyaksikan pameran peralatan pemadam kebakaran yang dilaksanakan di Grand city pada 28-29 Februari,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar