Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 22 April 2024

Perhutani KPH Banyuwangi Barat Raih Dua Penghargaan Sektor Wisata


Banyuwangi - KABARPROGRESIF.COM Perhutani KPH Banyuwangi Barat kembali menorehkan prestasi di bidang wisata dalam kawasan hutan. 

Kali ini Perhutani KPH Banyuwangi meraih Best Administratur of The Progression dan Best Administratur of The Year KPH Non Pareto Divre Jawa Timur.

Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KKPH) Banyuwangi Barat, Sutikno, Senin (22/4/2024) mengaku bersyukur untuk kesekian kalinya Administratur mendapat dua prestasi bergengsi pada periode ini. 

"Karena kita mencapai realisasi NPS 251% dan realisasi RKAP 78%, tertinggi se Divre Jatim," terangnya.

Dikatakannya, terdapat banyak destinasi wisata dalam kawasan hutan yang ada di wilayah KPH Banyuwangi Barat, bahkan ada yang sudah ditetapkan sebagai Geopark Ijen yaitu, Wisata Rintisan Gunung Rante Adventure yang berada di RPH Licin sekitar Gunung Ijen yang menjadi dasar pembentukan cerita geologi di keseluruhan kawasan Geopark ini, serta hubungannya dengan unsur biologi maupun budaya yang ada di sekitarnya. 

Terdapat 21 situs geologi yang dikembangkan, mulai dari skala lokal hingga skala internasional.

Untuk wisata pendakian, Gunung Raung bisa menjadi destinasi pilihan yang terdapat di Jalur Pendakian yang sudah di PKS kan di Dusun Wonorejo Desa Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru wilayah RPH Kalibarumanis BKPH Kalibaru yang mempunyai pemandangan eksotis diatas awan yang menawan dimana para guide berasal dari team pendakian Raung 3344 Mdpl yang sudah punya sertifikasi.

Sementara wisata dengan basis sejarah, maka Wana Wisata Rowobayu adalah tempatnya yang berada di RPH Bayu BKPH Rogojampi, sambil melihat pemandangan danau yang eksotis menawan serta bisa belajar sejarah.

Lokasi ini sebelumnya dikenal sebagai tempat Perang Puputan Bayu yang terjadi antara Pangeran Jagapati dari Kerajaan Blambangan dan VOC pada 1773, yang pernah menjadi pertapaan Prabu Tawangalun (Raja Blambangan) dikenal sebagai pangeran yang sangat religius serta paling berjaya di masa Kerajaan Blambangan. 

“Semua destinasi wisata dalam kawasan hutan sudah ber PKS sehingga aman untuk dikunjungi untuk wisata keluarga, seperti Wisata Rintisan Air Terjun Legomoro di BKPH Glenmore atau kalau untuk kemah dan rafting maka Wisata Kalisawah Adventure tempatnya, yaitu di BKPH Rogojampi, semua happy dan pasti memuaskan,” pungkasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar