Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 22 April 2024

Peringatan Hari Kartini 2024, Pemprov Jatim Beri Penghargaan Khofifah Indar Parawansa


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa sebagai tokoh perempuan inspiratif, dalam peringatan Hari Kartini 2024 yang diselenggarkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Senin(22/4/2024). 

Penghargaan yang diberikan kepada Khofifah Indar Parawansa diserahkan oleh Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (P3AK), Titi Eko Rahayu mewakili Menteri P3AK, Anak Bintang Puspayoga.

Hadir dalam acara tersebut, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemarsono, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Isye Sri Rahayu Adhy Karyono, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Asisten I Setdaprov Jatim) Benny Sampirwanto dan sejumlah kepala Perangkat Daerah (PD) Pemprov Jatim.

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepadanya. 

Dan dirinya berharap sesama perempuan saling menginspirasi.

“ Sesungguhnya kita ini saling menginspirasi, sebab perempuan mempuanya keunggulan kompetitif dan keunggulan komperatif,” ujarnya.

Ia berharap refleksi Hari Kartini 2024 menjadi momentum untuk membangun suasana kedamaian  dan keamanan bagi seluruh masyarakat yang tinggal di bumi ini. 

“Sebab, hal itu akan menjadi kekuatan perempuan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, guna membangun kehidupan yang lebih baik."tambahnya.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemarsono  mengatakan bahwa jumlah perempuan di Jawa Timur separuh dari jumlah penduduk di Jawa Timur. 

Oleh karena  perempuan mempunyai banyak kesempatan untuk mengakses dan berpartisipasi dalam pembangunan di Jawa Timur. 

" Mari kita tingkatkan kualitas dan ksemptan perempuan di segala bidang agar perjuangan RA Kartini tidak sia-sia, sehingga akan semakin banyak perempuan hebat yang ikut berkiprah dan menajdi penyanggah pembangunan." ujarnya. 

Dikatakannya, berbicara tentang pembangunan yang respon gender, Jatim sudah responsif gender. 

Karena sejauh ini Jatim telah memiliki dasar hukum PUG melalui Perda No 9 Tahun 2019 tentang PUG dan dalam melaksanakan PUG ditidaklanjuti dengan Peraturan Gubernur Nomor 39 tahun 2020 yang merupakan penjelasan Perda Nomor 9 tahun 2019 tentang PUG.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AK Jawa Timur, Ratna Wayu Liswati mengatakan Peringatan Hari Kartini 2024 diharapkan menjadi penyemangat perempuan di Jawa Timur menjadi perempuan yang berdaya dan pelopor kesetaraan gender dalam semua aspek pembangunan. 

"Perempuan di Jatim harus mampu berperan dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi dan sosial,"ujarnya. 

Peringatan Hari Kartini 2024 Pemprov Jatim diwarnai berbagai penampilan dari perempuan di Jawa Timur diantaranya adalah atraksi bela diri Jujitsu yang dilakukan oleh para Ojol perempuan di Surabaya untuk membekali diri dalam untuk mengantisipaso bahaya dirinya.

0 komentar:

Posting Komentar