Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 06 Januari 2023

Gandeng ITS, PDAM Surabaya Kembangkan Air Minum Dalam Kemasan


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mulai mengembanfan sayap usahanya.

Kali ini yang menjadi tujuan untuk menambah pendapatan yakni dengan mengembangkan air siap minum dalam bentuk kemasan.

Dipilihnya mengembangkan air siap minum dalam bentuk kemasan dari pada air siap minum langsung dari kran lantaran biayanya cukuh murah.

"Tidak mungkin membangun 2 pipa jaringan untuk air bersih dan air minum. Karena itu butuh biaya besar, biaya dobel-dobel. Kalau seperti diluar negeri maka harus diganti semua pipanya dan itu butuh waktu lama dan butuh investasi besar," kata Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Wisnu Arief Cahyono, Jum'at (6/1).

Saat ini lanjut Arief, PDAM Surya Sembada tengah mengembangkan air siap minum dalam kemasan botol dan galon.

"Untuk air minum kemasan itu sebetulnya pengembangan bisnis saja dari PDAM. Bukan bisnis utama atau core bisnis PDAM, tapi sebuah inovasi," ungkapnya.

Arief menambahkan untuk mewujudkan air siap minum dalam bentuk kemasan, pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan ITS, untuk melakukan kajian studi. 

Sedangkan implementasinya dimulai pada semester kedua tahun 2023. Dengan nilai investasi sekitar Rp 10 milyar.

"Nanti bisa kita pasarkan di Pemkot, di OPD, di sekolah yang selama ini membeli air minum kemasan bukan produksi PDAM. Sekarang kita coba masuk ke situ. Pemasarannya terbatas. Kita tidak berani memberikan target yang besar. Bahan baku air siap minum dalam kemasan berasal dari mata air Umbulan. Bukan bahan baku dari air sungai," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar