Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 23 April 2018

Komandan Kodiklatal Buka Latihan PPKM TNI AL Tahun 2018


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Komando Pembinaan Doktrin  Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) secara resmi membuka Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) TNI AL Tahun 2018 yang dipusatkan di Ruang Auditorium Gedung Kalimantan Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Puslatlekdalsen) Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Senin, (23/4).

Selain Komandan Kodiklatal hadir dalam acara tersebut Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Wuspo Lukito, Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI Edwin, S.H., Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M, para Direktur Kodiklatal dan Komandan Kodikopsla Laksma TNI Maman Firmansyah .

Adapun dalam pelaksanaan PPKM TNI AL tahun 2018 tersebut diikuti 193 peserta  terdiri pelaku, peninjau, tim evaluasi, penilai, nara sumber dan penyelenggara. Sedangkan tema yang diambil dalam pelaksanaan Latihan PPKM  TNI AL tahun 2018 tersebut adalah “TNI Angkatan Laut melaksanakan Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) TA 2018 di Kodiklatal dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI.”

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P dalam sambutan yang dibacakan Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P menyampaikan selaku kotama pembina, Kodiklatal memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan doktrin dan organisasi satuan jajaran TNI Angkatan Laut, pembinaan pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) TNI Angkatan Laut tahun 2018 ini merupakan wujud dari pembinaan kemampuan yang dilaksanakan oleh jajaran Kodiklatal untuk meningkatkan kemampuan personel dalam merencanakan suatu operasi militer melalui proses pengambilan keputusan militer yang matang dan terukur.

Adapun latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme unsur pimpinan dan staf komando tugas gabungan dalam proses pengambilan keputusan militer pada pelaksanaan operasi gabungan.

Seperti kita ketahui bersama lanjut Kasal, bahwa puncak latihan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan dalam bentuk latihan Armada Jaya merupakan kesinambungan dari  berbagai macam latihan yang dilaksanakan sebelumnya dimana dalam latihan-latihan tersebut, kemampuan komandan dan staf dalam mengambil keputusan militer akan diuji.

Sebagai mana dikutip dari kata-kata Mark Twain, “Good Decisions Come From Experience. Experience Comes From Making Bad Decisions”. Untuk itu, ditekankan kepada para peserta agar jangan ragu dalam mengambil keputusan. Semakin sering kita belajar dari mengambil keputusan yang salah, maka dengan sendirinya kemampuan mengambil keputusan yang benar akan timbul.

Untuk itu, melalui latihan ini diharapkan kemampuan dan profesionalitas perwira TNI Angkatan Laut akan meningkat sehingga mampu melaksanakan pengambilan keputusan militer yang benar dalam suatu operasi mandiri maupun gabungan yang akan bermuara pada keberhasilan tugas operasi TNI Angkatan Laut. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar