Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 06 November 2020

Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai, Dewan Dorong Pemkot Buat Data Base Kesehatan Guru dan Siswa



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Desakan masyarakat agar siswa bisa segera melaksanakan proses belajar mengajar sistem tatap muka sepertinya akan segara terealisasi seiring dengan kian menurunnya angka pandemi di wilayah Kota Surabaya.

Apalagi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) memastikan telah menyelesaikan kajian sekolah tatap muka.

Meski masih harus menyesuaikan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, dan rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Surabaya.

Terkait hal ini, Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Surabaya mewanti wanti kepada Pemkot Surabaya untuk tetap bertindak waspada ketika proses belajar dengan sisitem tatap muka ini benar-benar sudah dan sedang berlangsung.

Reni mengatakan, bahwa kebijakan ini diambil merupakan respon positip dari pemerintah terkait keluhan sekaligus desakan para wali murid terutama kaum ibu dan siswa yang menginginkan segera dilaksanakan proses belajar tatap muka.

“Pemkot Surabaya memang harus mendengar dinamika yang berkembang jika sudang menyangkut kebijakan, tetapi harus ada keputusan agar supuya bisa jelas. Oleh karena itu, keputusan itu harus mengacu kepada aturan yang ada dan sedang berlaku,” ucap Reni, Jum'at (6/11).

Politisi perempuan asal PKS ini berpendapat, jika zona kuning sudah diperbolehkan sekolah tatap muka.

Asalkan dengan cara bertahap dan Pemkot dapat menjamin, dengan dibukanya satuan pendidikan, misalnya sekolah dan dimulai dari tingkat SMP dulu dengan kelengkapan protokol kesehatan yang lengkap, menurutnya tidak ada masalah.

“Tinggal bagaimana aturan dan mekanismenya, ini harus disiapkan dengan betul,” katanya.

Reni mencontohkan, jika sorang guru telah dilakukan tes swab saat ini atau minggu lalu, maka belum tentu di minggu berikutnya kondisinya akan sama (negatif). Makanya harus terus dilihat.

“Maka saya mendorong Pemkot untuk memiliki data base kesehatan guru yang isinya lengkap, kemudian bisa diketahui betul setiap saat,” ujarnya.

Bila perlu, kata Reni, digunakan aplikasi tertentu, sehingga bisa mengetahui secara benar kondisi kesehatan dan domislinya, terutama untuk yang komorbit dan lansia.

Bahkan akan lebih bagus lagi jika bisa mendapatkan data kesehatan siswa dan keluarganya.

“Siswa dirumah itu kian bisa saja dengan Kakeknyaa atau Neneknya. Artinya, bisa jadi siswa ini sehat namun tinggal dengan orang tua yang rentan. Ini yang juga harus diperhatikan,” tandasnya.

Oleh sebab itu, kata Reni, saat ini kerjasama Dinas Pendidikan dengan Dinas Kesehatan memang perlu ditingkatkan. Kesemuanya ini dipersiapkan sebagai respon dari para ibu dan siswa yang sudah ingin sekali bersekolah tatap muka.

“Maka saya sering ingatkan kepada ibu-ibu, kalau anaknya ingin cepat bisa ke sekolah, maka bantu pemerintah dengan cara memperkuat budaya 3 M protokol kesehatan itu. Meski kasus aktif kian menurun, tetapi saya tetap meminta soal pendataan ini untuk benar-benar presisi,” ujarnya.

Reni juga meminta agar Pemkot Surabaya terus gencar melakukan sosialisasi soal ketersediaan layanan tes swab gratis di seluruh Puskesmas, setiap hari. Untuk siapa dan bagaimana caranya. (Ar)

0 komentar:

Posting Komentar