Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 16 Mei 2017

KPPU Tetapkan 3 Harga Eceran Komoditas Pangan Jelang Puasa dan Lebaran


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya)  Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU )  Surabaya menjelang  Ramadhan dan Lebaran 2017, melakukan Sidak harga Komoditas Pangan di Pasar Jawa Timur, terutama pada pasar tradisional Babakan Perak.KPPU surabaya  memantau harga komoditas pangan masih terlihat aman dari pantauan melalui Sidak  KPPU di Pasar Babak' an Perak  harga pangan stabil.

" Menjelang ramadhan dan lebaran pemerintah dan KPPU membentuk satgas pangan dengan melibatkan dinas peternakan,perdagangan dan kepolisian yang fungsinya untuk menjalankan pemantauan harga komoditas pangan ." kata Kepala Kantor Perwakilan Daerah ( KPPU ) Surabaya Aru Armando di Kantornya, Selasa (16/5/2017).

Menurut Aru, dari pemantauan atau sidak yang dilakukan di pasar- pasar tidak ditemukan indikasi harga pangan yang melonjak naik termasuk di 4 provinsi yang sudah melakukan sidak sudah terlihat aman.

" Perkembangan harga komoditas pangan di jawa timur, bali, NTT dan NTB pendistribusiannya  terkendali dan stabil." ujar Aru.

Aru menjelaskan, terkait pemantauan harga pangan yang yang terjadi di pasar, KPPU sudah melakukan antisipasi dalam meneliti harga tersebut ternasuk kebutuhan pokok menjelang ramadhan dan lebaran,namun pada saat ini kita masih terus memantau kebutuhan lain yang harganya masih cenderung melonjak.

" Selain pada komoditas pangan yang harganya masih relatif stabil,perkembangan lain yang diwaspadai kenaikan harga adalah komoditas  bawang putih dan telur ayam." jelasnya.

Dia menambahkan,pada komoditas Bawang putih saat sebelum mendekati puasa harga  normal berkisar 35.000, namun saat kita sidak di pasar temuan indikasi harga bawang putih b.skr 60.000 / Kg.

Sementara harga telur ayam para peternak atau petani hanya menjual 16.000 namun harga yang kita temukan di pasar sudah tembus 22.500 / Kg.pihak KPPU juga akan memberikan penetapan harga eceran terhadap 3 komoditas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

" Kami telah memberikan penetapan harga eceran di 3 komoditas yakni gula pasir 12.500 / kg, minyak goreng curah seharga 11.000 / liter dan kebutuhan lain seperti daging beku harga 80.000 /kg." terang Aru.

Selain  komoditas pangan,pasokan lain yang masih tercukupi kebutuhan menjelang ramadhan dan lebaran di jawa timur adalah daging sapi.

" Meski tembus di harga 105 perkilogram berdasarkan data,pasokan daging sapi masih cukup." kata Aru.

Aru berharap, harga yang telah ditetapkan pemerintah yaitu  3 harga eceran komoditas pangan perlu diwaspadai jangan ada indikasi kenaikan harga  pada 3 komoditas tersebut, sebab di 3 komoditas ini sangat relatif dibutuhkan oleh masyarakat.

" Harapan kami pada harga eceran 3 komoditas tersebut perlu diwaspadai harganya , karena kebutuhan komoditas ini sangat diperlukan oleh masyarakat." pungkas Aru. (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar