Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 20 Oktober 2020

Tim Karawitan Tirto Gumelar Kodiklatal Siap ikuti Festifal Karawitan Mabes TNI 2020



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Tim Karawitan Tirto Gumelar Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) siap mengikuti Festifal Karawitan Mabes TNI Tahun 2020 dalam rangka memperebutkan piala Sri Sultan Hamengku Buwono X dan S.D.K.G.P.A.A Paku Alam X.

Lomba dalam bentuk rekaman vidio tersebut tim Karawitan menggelar latihan di Sanggar Tirto Gumelar Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Selasa, (20/10).

Pimpinan Tim Karawitan Tirto Gumelar Kodiklatal Letkol Laut (KH) Joko Agus Pribadi menyampaikan bahwa Festifal Karawitan tersebut melombakan dua kategori, untuk kategori pertama adalah Umum tim peserta berasal nasional dan internasional memperebutkan piala Sri Sultan Hamengku Buwono X, sedangkan kategori dua untuk para pelajar dan anak skala nasional memperebutkan piala S.D.K.G.P.A.A  Paku Alam X.

Menurutnya keikutsertaan Tim Karawitan Tirto Gumelar Kodiklatal dalam festifal ini sebagai bentuk partisipasi prajurit Kodiklatal dalam upaya melestarikan budaya kerawitan.

Sebab karawitan adalah lambang keluhuran peradaban Nusantara, popularitas gamelan sebagai media ekspresi seni karawitan telah tersebar luas di penjuru dunia. 

Oleh karena itu Kerawitan adalah kebanggaan seluruh bangsa yang harus dilestarikan.

Adapun jadwal kegiatan perlombaan yang telah disusun panitia sebagai berikut pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 September lalu, pengiriman karya sampai tanggal 22 Oktober dan penilaian tanggal 23-24 Oktober.

Pengumuman pemenang sekaligus malam puncak acara sabtu 24 Oktober yang digelar di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Keraton Jogjakarta.

Dalam lomba tersebut para peserta menyanyikan satu gending wajib tradisi yaitu Ladrang Nuswantoro laras pelog pathet nem, sedangkan gending pilihan kreasi bisa memilih satu dari enam gending yang disediakan, keenam gending tersebut adalah gending emat lima, gugur gunung, mbok yo mesem, suwe ora jamu, penghijauan dan witing klopo. (Pen Kodiklatal/Ar)

0 komentar:

Posting Komentar