Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 19 Desember 2022

TNI AL Bersama US Navy dan USMC Berhasil Kuasai Pantai Banongan


KABARPROGRESIF.COM: (Situbondo) Prajurit TNI Angkatan Laut bersama US Navy dan US Marine Corps berhasil menyerbu pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, untuk melumpuhkan musuh yang menduduki Pantai Banongan. Senin (19/12).

Penyerbuan sasaran yang dikuasai musuh itu, merupakan skenario dari latihan operasi amfibi yang merupakan bagian dari Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2022 antara TNI Angkatan Laut dengan US Navy dan US Marine Corps.

Dalam latihan tersebut, melibatkan enam unsur KRI yakni KRI Surabaya-591, KRI R.E. Martadinata-331, KRI Abdul Halim Perdakusuma-355, KRI Diponegoro-365, KRI Teluk Palu-523 dan KRI Singa-651. 

Selain itu, Satgas TNI AL juga didukung pasukan Marinir, Taifib, Kopaska, Penyelam serta unsur Helikopter Panther, Tank BMP 3F, KAPA K61, LVTP7-A1, Meriam How 105 mm, RM70 Grad Vampire.

Sedangkan untuk operasi amfibi US Navy melibatkan dua kapal perangnya yakni USS Makin Island (LHD-8) yang dilengkapi dengan Marine Expeditionary Unit (MEU) ke-13 dan Amphibious Transport Dock USS Anchorage serta personel US Navy dan US Marine Corps (USMC). Sehingga total ada delapan unsur kapal perang dari kedua pihak yang terlibat dalam manuver lapangan.

Pada tahap sea phase, sejumlah serial latihan diantaranya Night Steaming in Company (NSIC), CASEX E-4 ASW Action Against Bottomed Submarine Or Target, MISCEX 804-SAREX, Escort Unit Proceed to Anchorage Point, Air Defence Exercise (ADEX), Gunnery Exercise (GUNNEX), Photo Exercise (PHOTEX), TACPUBEX (MXP: Tactical Signal Communication), Flag Exercise (FLAGEX), Anti Air Rapid Open Fire Exercise (AAROFEX), Flash Exercise (FLASHEX) dan pada tahap akhir dilaksanakan Amphibious Exercise (AMPHIBIEX), Hot-Wash dan Closing Ceremony.

Puncak latihan tersebut berjalan dengan aman sesuai dengan skenario, hal ini didasari atas kerja sama, kekompakan dan sinergitas yang ditunjukkan oleh prajurit TNI AL bersama US Navy dan USMC.

0 komentar:

Posting Komentar