Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 23 Desember 2016

Koleksi Ikan Terbatas, Pengunjung KBS Kecewa



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Renovasi  wahana akuarium di Kebun Binatang Surabaya (KBS) hinggga sekarang belum  juga tuntas. Hal itu membuat kecewa sejumlah pengunjung yang ingin menyaksikan aneka satwa dan ragam ikan yang ada di wahana tersebut.

Banyaknya pengunjung yang tertahan di depan  wahana  akuarium yang tertutup dengan triplek bercat hijau.  Akhirnya mereka hanya berfoto-fotoan  dan melihat sejumlah satwa melata yang ada di halaman  gedung.

“ Kayaknya pembangunnya belum selesai.  Padahal anak saya ini kepengin lihat ikan sehingga begitu selesai naik gajah, minta ke sini, “ cetus, Romlah, pengunjung dari Probolinggo.         

Untuk menghibur anaknya, Romlah mengajaknya melihat  buaya, ular, penyu yang ada di area wahana akuarium. Anaknya pun agak terhibur.         

Hal senada juga dikatakan Fadli, warga  Menganti, Gresik. Ia bersama dua anaknya yang kebetulan liburan sekolah itu ingin melihat aneka koleksi KBS.  Setelah puas menikmati aneka satwa, ia dan anaknya mampir ke  wahana akuarium.“ Ternyata tak buka. Akhirnya  anak saya hanya  foto-fotoan di sekitar akuarium,” cetusnya.

Direktur Operasional Perusahaan Daerah Taman Satwa dan Kebnun Binatang Surabaya (PDTS KBS)  Aschta Nita Boestani Tajudin membenarkan  wahana  akuarium masih tutup. Saat ini masih tahap penyelesaian akhir proyek renovasi bantuan dari Pelindo III.“ Sekarang ini tinggal pembersihan sisa renovasi, pemasangan lantai dan juga masalah teknis lainnya,” cetusnya.

Aschta menambahkan, pihaknya sekarang ini juga mau menambah koleksi ikan yang akan diletakan di akuarium. “ Kami juga sedang melakukan pengadaan  ikan untuk menambah variasi ikan yang  ada, baik ikan tawar maupun ikan  asin.  Koleksi ikan yang ada sekarang ini jumlahnya terbatas, terutama jenis ikan laut,” ujarnya.         

Direncanakan  nanti ada ikan  hiu. Selain itu juga akuarium yang berisi  terumbu karang. Tujuannya agar masyarakat  mengetahui terumbu karang itu  bisa memberikan kehidupan bagi ikan.

Ia menargetkan  tahun baru nanti, akurium sudah bisa dibuka untuk pengunjung. “ Meski nanti belum grand opening,  soft opening juga tak masalah sehingga masyarakat bisa  menikmati  wahana akuarium,” katanya.

Untuk melakukan renovasi akuariuam, PDTS KBS sendiri menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.  Karena PDTS KBS tidak menerima uang tunai, maka dari lelang hingga pembangunan semuanya dilakukan Pelindo. Dan renovasi dimulai sejak September 2015 dan seharusnya selesai Maret 2016, namun meleset hingga sekarang.

Renovasi dengan menggunakan CSR  PT Pelindo  yang diperkirakan menelan anggaran Rp 1, 8 miliar itu dilakukan karena kondisi akuarium sangat  memprihatinkan. Seperti kaca buram dan filter rusak. Selama renovasi, areal akuarium tertutup bagi pengunjung.

Untuk diketahui, luasan gedung aquarium KBS sekitar 1500 meter persegi.  Di  sana menampung dua jenis ikan, baik air laut dan juga air tawar.  Berdasarkan data PDTS KBS, untuk ikan laut ada sebanyak 44 ekor. Jumlah itu terdiri atas tiga suku,11 family dan ada 18 spesies.  Untuk ikan air tawar ada sebanyak 695 ekor,  yang terdiri dari enam suku, 13 famili, dan 29 spesies. Akan tetapi dalam renovasi ini, PDTS KBS tidak akan merubah bangunan. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar