Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 28 Desember 2016

Putera Sampoerna Foundation Bekerjasama Bank HSBC Gelar Olimpiade Perbankan


Kali pertama SMA.Petra 2 Surabaya meraih Juara Satu Dalam Olimpiade Pendidikan Perbankan



KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta) SMA Petra 2 Surabaya berhasil menjuarai Sampoerna Business Olympic (SBO) yang di gelar di Kota Jakarta. Olimpiade tersebut diikuti sebanyak 90 pelajar Sekolah Menengah Atas ( SMA ) yang di ikuti dari berbagai kota diantaranya dari Aceh, Palembang serta kota-kota dari Jawa.

SBO merupakan salah satu olimpiade perbankan yang di gelar kali pertama di Indonesia, adapun tujuan diadakan dari program tersebut adalah untuk memberikan edukasi keuangan yang bekerja sama dengan Bank HSBC dan Putera Sampoerna Foundation melalui Sampoerna University.

“Kompetisi ini merupakan bagian dari program jangka panjang Pendidikan Perbankan dan Keuangan yang diadakan HSBC Indonesia bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui Sampoerna University yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar menjadi bankir profesional di tingkat global," ujar Nuni Sutyoko selaku Senior Vice President and Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia pada keterangan persnya Selasa (27/12/2016).

Ditempat yang sama Bambang Setiono Ph.d.Dosen Sampoerna University mengatakan Sampoerna Business Olympic (SBO) adalah bagian dari usaha membangun ketertarikan anak muda kepada edukasi keuangan dan perbankan.

“Kami berharap para peserta nantinya bisa lebih antusias untuk mempelajari industri perbankan karena industri ini dapat membantu banyak orang meningkatkan kesejahteraan. Berawal dari kompetisi ini, kami juga berharap mereka bisa menjadi bibit bankir Indonesia yang siap menghadapi persaingan global,” ujarnya.

Ivan Kuswariyanto salah satu pelajar mengatakan, SMA Petra 2 Surabaya menjuarai SBO sangat membutuhkan perjuangan yang sangat keras,dan perjuangan itu adalah melewati tahapan tes medsos pembuatan video kreatif dan grand final termasuk debat terkait perbankan dalam Bahasa Inggris. Dalam pembuatan video kreatif di awal kompetisi, SMA Petra 2 menggarisbawahi edukasi keuangan bagi kalangan UMKM.

“Melalui video ini, kami ingin menyampaikan pentingnya inisiatif mendorong penetrasi kredit secara maksimal di kalangan UMKM,” jelas Ivan yang didampingi oleh anggota kerabatnya yakni Dicky Reyhan Wibisono dan Debora Natasia Gunawan.

Ivan mengaku, olimpiade ini sangat menantang dirinya dan tim.pasalnya di iven ini penuh dengan banyak memakai pelajaran ilmu matematika.

“Ada satu tahapan dimana kami tidak boleh menggunakan kalkulator sama sekali dalam mencari jawaban tes, ditambah waktu yang sangat terbatas. Kami lumayan deg-degan saat final, karena lawannya pinter-pinter semua. Apalagi ada sesi dimana kami harus beradu debat dengan lawan menggunakan bahasa Inggris. Menantang sekali,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat menjelang final, para finalis juga sempat dikarantina oleh penyelenggara guna menyiapkan strategi saat akan berkompetisi,sehingga mendapat banyak pengalaman berharga saat mengikuti seluruh tahapan olimpiade, termasuk saat karantina.

“ Ini merupakan pengalaman pertama kami mengikuti perlombaan mengenai perbankan. Di Olimpiade ini, wawasan kami menjadi lebih luas mengenai perbankan dan UMKM. Waktu karantina, kami bisa berinteraksi dengan peserta lain dan saling bertukar pikiran. Di situlah, kami membangun strategi-strategi supaya bisa menang saat kompetisi dan debat,” ungkap Ivan.

Dalam Olimpiade Perbankan ini, untuk pemenang kedua SBO diraih SMAN 8 Yogyakarta dan juara ketiga diraih SMA Unggulan MH. Thamrin Jakarta. Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa medali untuk masing- masing sang juara, serta hadiah tabungan pendidikan sebesar   25 juta untuk pemenang juara utama, 15 juta untuk pemenang kedua serta 10 juta untuk pemenang ketiga. (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar