Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 12 Oktober 2021

Serunya Kompetisi Ketangkasan Kebaharian Taruna AAL Disela Pelayaran Sabang-Nias


KABARPROGRESIF.COM: (Nias) Ini serunya kompetisi Ketangkasan Kebaharian Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Disela Pelayaran Sabang-Nias dalam upaya tetap menjaga semangat dan team work serta menguji sejauh mana penguasaan Ilmu Kebaharian  89 Taruna AAL Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 saat KRI Bima Suci lego jangkar di Pulau Dalam Nias, Selasa (12/10).

Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla., mengatakan, Kompetisi Ketangkasan Bahari menjaga semangat saat kapal lego jangkar di posisi 00° 32’ 18” U, 097° 49’ 36” T ini, antara lain melombakan Bongkar Pasang Senjata SS-1, Tali Temali dan keterampilan Peluit antar Divisi Jaga Taruna AAL, yaitu Divisi Jaga A (Ambon), Divisi Jaga B (Bandung) dan Divisi Jaga C (Cepu).

Kompetisi ini, berada di bawah koordinator Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Bima Suci, Mayor Laut (P) Sugeng Hariyanto, M.Tr.Opsla., beserta panitia gabungan dari Satgas maupun Staflat KJK Taruna AAL tahun 2021.

Pelaksanaan lomba diawali briefing tentang tata cara  kompetisi, lalu perwakilan dari tiap-tiap tim mengambil nomor undian untuk menentukan siapa yang akan tampil perdana dan seterusnya. 

Sebelum kompetisi dimulai seluruh peserta di cek kesehatannya oleh Lettu Laut (K) dr. Nevan Bagus dan Bintara kesehatan dari staf latihan KJK Th. 2021 untuk menyakinkan tentang kesehatan dari tiap-tiap peserta.

“Disamping kompetisi harus dilaksanakan dengan penuh  semangat dan cepat, tapi ingat tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan dengan tetap menjaga protokol kesehatan,”ujar Letkol Pungki, Palaklat KJK 2021 ini.

Tim Taruna  Divisi  jaga A, menjadi tim pertama yang tampil. Dengan penuh percaya diri dan langkah yang pasti tim A menuju garis start yang berada di buritan, begitu bendera start diangkat oleh panitia, peserta dengan cepat dan lincah  berlari menuju tiang Tanggon yang berada di geladak tengah.

Problem pertama, peserta lomba harus menaiki tiang Tanggon yang berada di geladak utama KRI Bima Suci, naik dari sisi lambung kanan dan turun dari sisi lambung kiri, kemudian langsung melaksanakan Bongkar Pasang Senjata SS-1.

Setelah dicek oleh panitia  dan dinyatakan benar, baru melanjutkan problem kedua di bawah tiang Trengginas untuk melaksanakan problem Tali Temali. Setelah di cek dan dinyatakan benar, seluruh anggota Tim mengambil soal undian Peluit.

Kemudian menaiki tiang Trengginas dari lambung kanan dan turun ke sebelah kiri, lalu menuju di pos III  yang berada di Haluan untuk melaksanakan keterampilan peluit sesuai hasil undiannya masing-masing. 

Setelah selesai dan dinyatakan benar oleh panitia baru tim tersebut berlari menuju Geladak Utama untuk melepas tali Safety Harness dan dimasukan ke dalam tasnya lagi kemudian orang yang paling terakhir memukul lonceng sebagai pertanda tim sudah finish.

“Event seperti ini rutin dilaksanakan oleh Satgas KJK KRI Bima Suci saat membawa Taruna Satlat KJK. Pada lomba kali ini, Juara l diraih Divisi Jaga A, disusul Divisi Jaga B di posisi kedua dan Divisi Jaga C harus puas di posisi ketiga,” pungkasnya. (Pen AAL)

0 komentar:

Posting Komentar