Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 07 Oktober 2022

Tunjukkan Kreatifitas Lansia Mainkan Gamelan, Stan Dinsos Jatim Terbaik di Jatim Fair 2022


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Dinas Sosial Jawa Timur (Dinsos Jatim) memberikan menampilkan inovasi dan kreatifitas dalam pameran Jatim Fair 2022 di Grand City, Jum'at (7/10).

Tak seperti tahun lalu yakni menampilkan kebolehan para penyandang disabilitas.

Namun pada gelaran Jatim Fair 2022 ini, Dinsos Jatim menampilkan kesenian gamelan yang kental dengan nuansa Jawa Timur. 

Bahkan kesenian gamelan itu dimainkan para lansia yang selama ini dirawat oleh Dinsos Jatim. 

Para lansia ini dirawat di 7 UPTD yang tersebar di Jatim. Diantaranya ada di Jombang, Pasuruan dan Pacitan. 

Alhasil stand Dinsos Jatim mendapat penghargaan sebagai stand dengan elemen Jawa Timuran Terbaik. 

Kepala Dinas Sosial Jatim, M. Alwi menjelaskan, pihaknya sengaja menampilkan stand Jawa Timuran, karena sesuai dengan judul kegiatan dan penyelenggaranya, yaitu Jawa Timur. 

Selain itu, pada even Jatim Fair 2022 ini, Dinsos menampilkan kreatifitas dan kegiatan para kelompok lanjut usia (lansia) yang merupakan penghuni Panti Wreda di beberapa UPT di Jawa Timur. 

"Mbah mbah ini ngerti benar dengan kebiasaan seperti ini. Jadi mbah mbah ini memakai pakaian seperti ini, ingat nostalgia lama dulu," katanya.

Tampak lansia laki laki memainkan gamelan, bahkan ada yang kidungan. Sedangkan lansia perempuan mengenakan kebaya, dan ada yang seperti berjaga warung, serta ada yang menyulam. 

"Jadi kita ingin mengembalikan kenangan kenangan masa lalu mereka. Biar mereka bahagia," imbuhnya. 

Stand Dinsos ini menjadi stand pertama yang dikunjungi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sesuai membuka gelaran Jatim Fair 2022. 

Tampak Gubernur perempuan pertama ini menyapa dan memberi salam kepada lansia yang ikut pameran ini. Antusiasme nenek dan kakek ini terlihat dengan senyum bahagia ketika disapa. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar