Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 15 Februari 2016

Kodim dan Polres Kediri Pantau Lahar Dingin Gunung Kelud

KABARPROGRESIF.COM : (Kediri) Kondisi puncak gunung kelud yang berada di wilayah Kabupaten Kediri, khususnya pada lokasi kantong-kantong lahar dingin, sudah hampir diambang batas normal, dari rilis yang dikeluarkan oleh Tim Pantau Gabungan Kodim – Polres Kediri, lahar dingin tersebut tinggal menunggu waktu saja untuk memuntahkannya kebawah.

“Kami sudah menyiapkan 12 personil Kodim Kediri bersama 12 personil dari Polres Kediri, untuk memantau aktifitas lahar dingin yang terpantau dari Pos Pantau Kelud di Desa Satak (Kecamatan Puncu-Kabupaten Kediri)” kata Dandim Kediri Letkol Inf Purnomosidi, sore ini, Sabtu (13/2/2016).

“Secara bergantian tiap 8 jam sekali personil kita rolling dalam 3 session. Segala bentuk perkembangan baik yang bersifat darurat maupun normal tetap kita pantau” Dari pantauan langsung, kondisi lahar dingin saat ini yang ada di kantong-kantong lahar dingin Gunung Kelud, sudah hampir melewati batas ambang normal dan bisa sewaktu-waktu menerjang ke aliran sungai yang menjadi langganan terjangan lahar dingin, lanjut Letkol Purnomosidi.

Khusus sungai konto, akan mendapat prioritas khusus dari Kodim Kediri dan Polres Kediri, karena sungai tersebut satu-satunya sungai yang terhubung langsung dengan kantong-kantong lahar dingin gunung kelud.

“Hujan yang mengguyur di Kecamatan Plosoklaten, Puncu, Kandangan dan Ngancar, sangat berdampak pada kantong-kantong lahar dingin (Gunung Kelud) yang siap kapan saja turun kebawah”  Kita juga sudah siagakan alat bantu komunikasi untuk beroperasi 24 jam non stop, guna menghadapi ancaman lahar dingin yang bisa kapan saja dating, kata Kapolres Kediri AKBP Yosep Gunawan.

Hingga berita ini diturunkan, dari pengamatan Pos Pantau Kelud, kondisi puncak gunung kelud terlihat sudah mulai turun hujan, kendati belum jelas deras tidaknya hujan yang turun sudah dapat dipastikan akan mempengaruhi kantong-kantong lahar dingin yang ada di Gunung Kelud.  (arf)

0 komentar:

Posting Komentar