Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 06 Oktober 2020

Usai Upacara, Danlantamal IX Gelar Syukuran HUT TNI ke 75 di Kodam XVI/PTM



KABARPROGRESIF.COM: (Maluku) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., hadiri Upacara Virtual dan Syukuran HUT TNI Ke-75 Tahun 2020. Dengan tema "Sinergi Untuk Negeri" serta pemusnahan senjata rakitan dari hasil penyerahan masyarakat di Kodam XVI/PTM, Kec. Sirimau Kota Ambon Prov. Maluku.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara secara virtual Presiden RI Joko Widodo disiarkan live di YouTube Sekretariat Presiden. Dalam sambutannya Presiden mengatakan HUT ke-75 TNI bukan hanya dirayakan anggota dan keluarga besar TNI tapi juga masyarakat Indonesia.

Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini, menunjukkan TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Acara dilanjutkan dengan pemusnahan Senjata hasil dari penyerahan masyarakat dan merupakan senjata sisa konflik tahun 1999 lalu. Senjata-senjata ini dikumpulkan sejak tahun 2017 hingga 2019,”

Adapun ratusan senjata api yang dimusnahkan itu terdiri dari 471 senjata api rakitan dan 258 senjata api laras pendek rakitan. Sisanya terdiri dari tabung peluncur, bazooka rakitan, dan peluncur bom rakitan.

Ratusan senjata api itu dihancurkan dengan mesin pemotong setelah upacara HUT TNI di Halaman Kodam XVI Pattimura.

Pemusnahan senjata dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman dengang cara dipotong dengan mesin. Pangdam mengatakan, ratusan senjata api rakitan yang dimusnahkan ini merupakan hasil penyerahan secara sukarela dari masyarakat Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. (Pen Lantamal IX Ambon/Ar)

0 komentar:

Posting Komentar