Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 26 April 2022

Kapolri Jenderal Listyo: Masyarakat Tidak Usah Cemas dan Takut untuk Mudik


KABARPROGRESIF.COM: (Jakarta) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri menyiapkan tim atau satgas terutama di wilayah Kepolisian Daerah Banten dan Polda Lampung untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas seperti begal dengan target pemudik.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan dengan dikerahkannya tim tersebut, maka para pemudik tidak perlu cemas dan khawatir melakukan perjalanan mudik khususnya di jam rawan.

"Jadi masyarakat diharapkan tidak usah cemas dan takut,” kata Kapolri Jenderal Listyo saat melakukan peninjauan pengamanan mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/4).

“Polri dengan seluruh stakeholder yang ada telah mempersiapkan tim, sehingga masyarakat yang mudik khususnya di waktu atau jam rawan, ada satgas yang siap untuk mengawal sehingga bisa mudik dan selamat sampai di rumah," ujarnya.

Tidak hanya itu, demi memastikan keamanan masyarakat yang hendak mudik, Sigit menegaskan, pihaknya juga telah melakukan pemantauan dan pengawasan di posko command center yang telah disediakan.

Dari pos pam tersebut, pengawasan terhubung dengan BNPB dan pemangku kepentingan lainnya termasuk situasi yang memerlukan pantauan CCTV dan tersambung dengan command center.

“Harapan kami, ini juga bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat yang akan mudik," katanya.

Kapolri Jenderal Listyo berharap masyarakat tidak usah cemas dan takut melakukan perjalanan mudik. Polri memastikan dan menjamin keamanan masyarakat.

Kapolri Jenderal Listyo hadir bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan pemangku kepentingan terkait lainnya di Pelabuhan Merak.

Dalam kesempatan itu, Kapolri Jenderal Listyo memperoleh informasi telah terjadi peningkatan arus mudik pada 25 dan 26 April. Menurut dia, makin banyak warga mudik lebih awal maka dapat mencegah terjadi kemacetan pada hari puncak mudik di H-4 dan H-1 Lebaran.

"Kami lihat dari mulai kemarin dan hari ini, arus mudik sudah mulai terlihat dan ini sangat baik khususnya untuk mengurai kemacetan. Diprediksi puncak arus mudik diperkirakan pada H-4, H-3, H-2 dan H-1. Kalau ini bisa kami urai tentunya kemacetan pun kita harapkan bisa makin kami kurangi," ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo mengapresiasi masyarakat yang melakukan mudik lebih awal sesuai imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menghindari waktu puncak yang diprediksi terjadi pada 28 sampai dengan 30 April mendatang.

“Di satu sisi, kami juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden tentunya yang telah ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal," katanya.

Dia menambahkan pergerakan arus mudik Lebaran tahun ini juga sudah terjadi pada siang hari.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang.

Kapolri Jenderal Listyo menjelaskan situasi kuning, adalah sempat terjadi penyetopan sementara kendaraan yang masuk untuk menyeberang di Pelabuhan Merak, karena kondisi dermaga sudah penuh.

“Artinya, di satu sisi kami melihat bahwa terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik khususnya di wilayah Merak," kata mantan Kapolda Banten tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo juga mengecek langsung kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Dia memastikan, fasilitas yang disediakan untuk melayani para pemudik dan warga setempat yang hendak melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster telah siap dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

Dia mengatakan layanan optimal dari kepolisian diberlakukan sepanjang mudik dan arus balik, sehingga masyarakat dapat dengan aman, nyaman melaksanakan mudik.

"Tentunya hal-hal ini, bisa dibantu disosialisasikan. Sehingga pilihan masyarakat untuk mudik baik siang atau malam semua mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang sama. Sehingga ini betul-betul bisa mengurai potensi kemacetan," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

0 komentar:

Posting Komentar