Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 19 April 2024

Angka Kecelakaan Dinilai Turun Saat Mudik dan Balik Lebaran 2024


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menghadiri Penutupan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024 yang ditutup langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Command Center Kemenhub, Jumat (19/4).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pelaksanaan arus mudik balik tahunan dapat berjalan dengan baik dengan sinergi dan kolaborasi, sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Pengelolaan arus tahun ini berjalan dengan baik angka kecelakaan lalu lintas secara umum ada penurunan 8% untuk kejadian dan untuk tingkat fatalitas turun 12%,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Selama pelaksanaan operasi ketupat 2024 faktor penyebab terjadinya kecelakaan ialah, gagal menjaga jarak, kelalaian terhadap lalu lintas dan melampaui batas kecepatan.

“Penyebab kecelakaan yang terbanyak adalah gagal jaga jarak ini ada 1.117 kasus yang kedua ceroboh terhadap lalu lintas yang ada di depannya ini ada 956 kasus, kemudian ceroboh saat belok 553 kasus, melampaui batas kecepatan ada 397 kasus kemudian marka jalan ada 442 kasus,” kata Irjen Pol Aan.

“Kerlibatan sepeda motor ada penurunan 8% kalau tahun lalu ada 4.545 tahun ini 4.196 ini mungkin salah satu indikator tingkat kesadaran sepeda motor ini meningkat semakin naik,” tambahnya.

Faktor kelelahan fisik juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga kehilangan konsentrasi dan gagal menjaga jarak.

“Kalau kita lihat dari model kecelakaannya tabrak belakang ini kemungkinan ada kelelahan karena gagal menjaga jarak konsentrasi kurang, sehingga menabrak belakang ini menjadi salah satu faktor utama,” tegas Kakorlantas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu untuk melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas di jalan tol dan non tol, penerapan pengaturan dan pengendalian transportasi, koordinasi dengan stakeholder terkait, ramp check kensaraan dan pelaksanaan mudik gratis.

“Kita menyelesaikan penutupan posko yang memiliki arti penting karena ini menunjukkan bahwa kolaborasi yang kita lakukan tidak saja kita lakukan di tanah Jawa tetapi juga sampai ke Papua, Aceh dan apa yang kita lakukan tentu memberikan makna dan doa kita untuk mudik,” ungkap Menhub Budi Karya Sumadi.

Lebih lanjut Menhub menyebut, turunnya angka kecelakaan ini secara perlahan bisa mewujudkan keinginan zero accident.

“Satu yang saya lupa bahwa di sektor darat itu angka kecelakaan turun, kecepatan naik dan relatif ini memberikan suatu arti bahwa produktivitas dan apa yang kita inginkan zero accident dan itu menjadi satu yang mungkin belum terdapat tetapi relatif sudah dilaksanakan,” tegas Menhub.

Ia juga menyampaikan terimaksihnya atas kolaborasi yang dibangun antar stakeholder, untuk mensukseskan arus mudik dan balik lebaran 2024 karena jumlah pemudik yang naik signifikan.

“Terima kasih atas kolaborasinya hal-hal yang penting saya sampaikan bahwaa riset menunjukkan angka yang signifikan dan membuat yang kita catat 70% masyarakat Indonesia itu mudik,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar