Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 19 Januari 2019

Simo Hilir Sering Banjir, Ini yang Akan Dilakukan Risma


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Banjir tahunan di kawasan Simo Hilir menjadi perhatian Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Dalam sidak di kawasan tersebut Risma mencoba mencarikan solusi agar kawasan itu tidak ada banjir maupun genangan air saat hujan deras. Salah satunya yakni dengan meninggikan dinding penahan saluran air di kawaaan tersebut.

“ Sebetulnya aku sudah pesen ke bu Erna kemarin itu, supaya ditinggikan. Makanya terus saya ajak ke situ untuk meninggikan dindingnya, tapi mungkin nanti ada yang mau kita lebarkan.” kata Risma, sabtu (19/1).

Saat sidak, Risma yang didampingi oleh Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati bersama jajarannya itu sempat berbincang-bincang dengan RW setempat, untuk mendengar langsung bagaimana kondisi sungai ketika hujan deras tiba. Menurutnya, penyebab adanya genangan air di kawasan itu, merupakan imbas dari kondisi sungai yang tidak rata dan cenderung lebih menukik ke bawah. Sehingga, ketika hujan deras tiba, otomatis air mengalir dengan cepat ke bawah. Akibatnya, air meluap menggenang keperkampungan warga. Karena itu, ia ingin agar dinding penahan saluran air kembali ditinggikan.

“ Ini sudah mulai dikerjakan. Mestinya, memang yang dikerjakan itu yang di atas. Supaya air ndak langsung nggerojokturun.” ujarnya.

Di samping meninggikan dinding penahan saluran air, Wali Kota Risma menyampaikan salah satu solusi lain adalah dengan membuat bosem atau penampung air, yang lokasinya berdekatan dengan SMK Pelayaran Bhakti Samudera. Pembangunan bosem itu, diharapkan dapat menampung dan menahan debit air ketika hujan deras turun, sehingga tidak langsung mengalir deras ke bawah.

“ Ini kita masih cek, kita punya lahan. Ini saya minta untuk kembali dibuat bosem sama saluran.” jelasnya.

Namun, ia mengaku masih ada beberapa kendala yang membuat pembangunan bosem tidak bisa segera dikerjakan. Pihaknya masih mencarikan solusi dan melakukan koordinasi dengan jajarannya, untuk memastikan lahan yang akan dibangun bosem bisa segeraclear.

“ Kalau kita buat waduk (bosem) di situ, airnya tidak deras turun ke bawah. Insya allah yang bawah clear.” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar