Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 29 Januari 2019

60 Siswa Diktukpa Pusdiktek Kodiklatal Laksanakan Samapta Awal Pendidikan


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Guna mengetahui kemampuan Kesegaran Jasmani (Garjas) awal pendidikan, sebanyak 60 Siswa Pendidikan  Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan laut Angkatan ke-48 kejuruan Teknik yang sedang menempuh di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdikhtek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal, mengikuti tes Kesegaran Jasmani yang di laksanakan di Lapangan Garjas Dewaruci Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Dalam pelaksanaan tes Garjas siswa Diktukpa Korps Teknik ini ditinjau langsung Perwira Pebantu Utama II Operasi Pendidikan (Paban II Opsdik) Direktorat Pendidikandan lathihan (Ditdiklat) Kodiklatal Kolonel Laut (P) H. Yudho Warsono.

 Disela-sela peninjauan Paban II Opsdik Ditdiklat Kodiklatal Kolonel laut (P) Yudho Warsono menyampaikan bahwa  tes garjas awal ini untuk mengetahui sejauh mana kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki para siswa untuk mengikuti awal pendidikan  kejuhruan di Pusdiktek Kodikdukum Kodiklatal.

Menurutnya tes ini selain dilaksanakan di awal pendidikan juga dilaksanakan diakhir sebelum penutupan pendididkan. Dengan harapan nilai samapta tersebut ada peningkatan dibandingkan saat tes Garjas mengawali pendidiikan.

Lebih lanjut disampaikan di samping penilaian dalam bidang akademis dan kepribadian, kesamaptaan jasmani juga menjadi faktor penilaian bagi para Perwira Siswa yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan laporan serta evaluasi untuk persyaratan memperoleh kelulusan melalui sidang Dewan Pendidikan (Wandik).

Adapun materi tes garjas tersebut meliputi meliputi Baterei A, berupa lari selama 12 menit dan Baterei B meliputi Full Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shatle Run (lari angka delapan) selain itu juga dilaksanakan tes renang yang dilaksanakan din kolam renang Jala Tirta Bumimoro. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar