Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 14 Juni 2019

Anaknya Masuk Mitra Warga, Anggota Dewan Ini Minta Ada Perbaikan Sistem PPDB


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Anggota Komisi D DPRD Surabaya, Ibnu Shobir mendesak Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya untuk melakukan perbaikan data dan sistem PPDB yang saat ini sedang diterapkan khususnya jalur mitra warga.

Pasalnya sistem jalur mitra warga yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) masih terjadi kelemahan ini terbukti dialaminya.

“Terbukti dengan anak saya sendiri. Bagaimana bisa masuk dalam daftar jalur mitra warga, sementara kami tidak pernah merasa mendaftar sebagai MBR yang memilih jalur itu. Maka data dan sistem yang sedang diterapkan harus segera diperbaiki,” kata Ibnu, Jumat (14/6).

Dengan kejadian itu, atas nama Fraksi PKS DPRD Surabaya, pihaknya sangat menyesalkan kejadian ini, dan berharap agar Pemkot Dispendik tanggap dan merespon baik dengan cara melakukan perbaikan segera.

“Karena jika tidak, penetapan siswa jalur mitra warga ini terjadi berpotensi terjadi maladministrasi. Karena yang harusnya berhak tidak mendapatkan, sebaliknya yang tidak berhak justru mendapatkan layanan itu,” tandasnya.

Menurut Ibnu, kepercayaan masyarakat akan turun (dis·trust) dengan data dan sistem yang diterapkan Pemkot, karena menurutnya merugikan masyarakat. Maka ia mengimbau kepada Dispendik Surabaya atau Pemkot untuk meminta maaf jika kesalah yang terjadi adalah benar adanya.

“Jika ada pihak yang merasa dirugikan, maka menjadi kewajiban Pemkot untuk meminta maaf,” pintanya.

Ibnu mengatakan jika data MBR untuk PPDB itu harusnya dilakukan cross check juga di lapangan sebelumnya dan dilakukan pemutakhiran setiap saat.

“Karena kondisi ekonomi warga itu bisa berubah setiap waktu. Artinya, yang sebelumnya terdaftar sebagai MBR, belum tentu saat ini keadaannya sama. Inilah fungsi cross check di lapangan itu,” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar