Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 21 Juni 2019

Latihan Armada Jaya Merupakan Sarana Pembelajaran Bagi Perwira Pertama


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Puncak Latihan TNI Angkatan Laut yaitu Latihan Armada Jaya hanya sekali dilaksanakan dalam satu tahun, oleh sebab itu latihan ini merupakan sarana pembelajaran sekaligus waktu yang tepat untuk menempa bagi para perwira pertama TNI AL baik yang berdinas di Kotama Operasi maupun yang di berdinas di lembaga pendidikan.

 Demikian disampaikan Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksamana Pertama TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P kepada Tim penilai Latihan Armada Jaya ke-37 TA 2019 di gedung Joint Operational Plan Ruler (JOPR) Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

 Menurutnya pembelajaran latihan bagi perwira pertama tersebut  sangat  diperlukan karena perwira pertama dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi lebih matang dan semakin berkembang dalam mengawaki organisasi. Hal ini juga menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M   pada saat inspeksi pelaksanaan latihan Armada Jaya beberapa  waktu yang lalu.

Disisi lain disampaikan agar tim Penilai melaksanakan penilaian seperti yang disampaikan Kepala Tim Penilai Latihan Armada Jaya ke-37 TA 2019 yang juga Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulia Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D.pada saat penataran tim penilai. Adapun penilaian bagi peserta latihan adalah Produk atau naskah, penyelesaian persoalan Ril, Kodal, naskah latihan, mekanisme latihan dan komunikasi pelaksanaan latihan.

Latihan Armada Jaya ke-37 TA 2019 ini melibatkan 8.493 dengan rincian 1.959 personel di geladi Posko dan 6.534 personel dalam Manuvra Lapangan. Adapun para personel Manlap tersebut terbagi dalam beberapa Komando Tugas (Kogas) diantaranya Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Pendaratan Administrasi (Kogasratmin), Komando Tugas Gabungan pertahanan Pantai (Kogasgabhantai)  dan Pasukan Pendarat (Pasrat).

 Sedangkan tema yang diambil dalam Pelaksanaan Latihan Armada Jaya XXXVII TA 2019  ini adalah “Kogab TNI Melaksanakan Kampanye Militer Di Mandala Operasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI” (arf)

0 komentar:

Posting Komentar