Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 06 Oktober 2020

Setelah Tiga Hari Sandar di Lampung, Taruna AAL Lanjutkan Pelayaran KJK 2020 Menuju Padang



KABARPTOGRESIF.COM: (Lampung) Setelah tiga hari sandar untuk bekal ulang logistik dan melaksanakan aktifitas di pangkalan, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 yang tergabung dalam Satuan Pelaksana Latihan Kartika Jala Krida (Satlak KJK) tahun 2020, bertolak untuk melanjutkan pelayaran bersama KRI Bima Suci menuju Padang, Selasa, (6/10).

Keberangkatan Satlak KJK 2020 dari dermaga Caligi Dusun Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran, Lampung ini dilepas Komandan Pangkalan TNI Angkatan laut (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi bersama Forkopimda Lampung diantaranya adalah Kasatpol PP Provinsi Lampung Drs. M. ALhusnuriski, Kepala Bakesbangpol, Dirpolair Polda Lampung Kombes Pol Sis Mulyono, Kasiren Kolonel Arh. Tri Adrijanto, Danbrigif 4 Mar/BS Kolonel Mar Nawawi S.E., M.M, Asisten Pemerintahan serta Camat setempat.

Sebelum dilepas para Taruna-Taruni AAL Angkatan ke-67, Staf Lat dan anggota KRI Bima Suci melaksanakan Rapid Test di dermaga Caligi, hal ini dilakukan sebagai prosedur wajib sebelum melaksanakan pelayaran, sebagai upaya memastikan personel dalam keadaan sehat.

Menjelang keberangkatan, Dansatgas KJK 2020 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H, M.Tr. (Hanla) dan Palaklat Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han melaksanakan laporan kepada Komandan Lanal Lampung bahwa KRI Bima Suci siap untuk melanjutkan pelayaran ke tujuan berikutnya.

Menurut Palaklat, KRI Bima Suci yang membawa 85 Taruna AAL Tingkat lll ini, akan melaksanakan pelayaran keliling wilayah Indonesia selama 98 hari mulai 26 September 2020 hingga 2 Januari 2021 mendatang, dengan rute pelayaran mulai dari Surabaya-Lampung – Padang – Sabang – Belawan - Tanjung Uban – Ranai – Tarakan – Sorong – Tual - Kupang dan kembali ke pangkalan Surabaya dengan menempuh jarak sekitar 9.910 neutical mile.

Latihan Pelayaran ini lanjutnya, dimaksudkan untuk menambah wawasan para Taruna AAL sebagai calon perwira TNI AL, pelayaran ini juga akan singgah di kota-kota wilayah Indonesia sehingga mereka dapat mengenal dan mencintai aneka ragam budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Palaklat juga menyampaikan bahwa pada pelayaran ini Satgas KJK 2020 juga akan singgah di pulau-pulau terpencil dan terluar seperti Pulau Rondo, Pulau Miangas, Pulau Marore, Pulau Berhala dan Pulau Rote sambil memberikan bantuan berupa sembako, material kesehatan atau bantuan yang diperlukan oleh penduduk setempat. (Pen AAL/Ar)

0 komentar:

Posting Komentar