Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 07 Desember 2020

Lantamal IX Gandeng RSPAL Ramelan Surabaya Beri Pelatihan Evakuasi Medis Ke Mahasiswa Keperawatan S1 Unhane



KABARPROGRESIF.COM: (Ambon) TNI Angkatan Laut (AL), Lantamal IX Ambon melalui Tim Evakuasi Medis Laut (EML) menggandeng RSPAL Ramelan Surabaya memberikan Pelatihan Kesehatan Bahari dan Evakuasi Medis Laut kepada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Hein Namotemo (Unhena) Halmahera Utara (Halut). Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I Unhena Ir. L. S. Boediman, Senin, (07/12/2020).

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Unhena menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Tim EML di Universitas Hein Namotemo untuk membantu mahasiswa sesuai ketrampilan keahlian. 

Kegiatan ini adalah salah satu yang menjadi ciri khas program studi keperawatan kesehatan di Indonesia khususnya di Indonesia timur Universitas Hein Namotemo Halmahera Utara, dimana merupakan satu satunya universitas yang memberikan pelajaran kemaritiman.

Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono menyampaikan kerjasama ini sudah dilaksanakan kali ketiga, dikarenakan merupakan kebutuhan mata kuliah Mahasiswa sehingga dapat diagendakan acara tahunan.

Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) dr.F.X. Suhardjo Mayor Laut (K) dr. Satrio Sugiharto menambahkan kegiatan yang sudah terlaksanakan diharapakan menjadi bekal mahasiswa kemudian hari apabila akan bertugas didaerah terpecil ataupun daerah pesisir.

Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan fasilitas Rumah sakit TNI Angkatan Laut, yang memiliki keunggulan Hyperbaric Chamber dan tenaga ahli di bidang tersebut yaitu dokter spesialis hiperbarik yang tergabung dalam Tim Hiperbarik untuk menangani terapi penyakit akibat penyelaman serta dapat juga untuk pengobatan umum seperti penyakit pasca stroke, diabetes  dan lain-lain.

Adapun Tim EML yakni Kapten laut (K) Agus Wijaya selaku Kordinator Tim EML (RSPAL Ramelan Surabaya) dengan membawa TIM EML Lantamal IX Ambon sejumlah 5 orang. Adapun Materi yang diberikan yakni kesehatan penyelaman, deskompresi, barotrauma, Uitemate, Tenggelam dan Evakuasi Medis Laut. (Dispen Lantamal IX/Ar)

0 komentar:

Posting Komentar