Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 12 April 2021

747 Pemuda Pemudi Terbaik Ikuti Pendidikan di Kodiklatal dalam Program Dikmaba TNI AL XLI/1 TA 2021


KABARPROGRESIF.COM: (Sidoarjo) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai lembaga pendidikan terbesar TNI AL, kembali mendidik 747 Pemuda pemudi terbaik Indonesia dalam program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 1 Tahun Anggaran 2021. 

Pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo tersebut dipimpin langsung Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Senin, (12/4/2021)

 Pendidikan dasar keprajuritan bagi prajurit strata Bintara yang sebelumnya berasal dari masyarakat sipil terbaik dari seluruh wilayah Indonesia setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam sidang Pantukhir di Malang. 

Dari 747 Dikmaba tersebut 57 orang merupakan tenaga medis yang sebelumnya merupakan sukarelavan tenaga medis Covid 19.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapkan selamat atas keberhasilan para siswa lolos dalam seleksi penerimaan Dikmaba TNI AL Angkatan ke-41 Gelombang 1 Tahun Anggaran 2021. 

Dengan keberhasilan  ini,  para siswa patut  bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang direfleksikan  dalam  bentuk  perjuangan untuk dapat menyelesaikan semua tahap program pendidikan serta ditingkatkan kemampuannya agar menjadi prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon  dan  tkrengginas serta siap ditempatkan pada satuan pengguna baik di satuan operasi, pendukung operasi maupun satuan TNI AL lainnya.

Kepada para Siswa Dikmaba, Dankodiklatal menyampaikan bahwa pendidikan ini akan dilaksanakan selama 10 sampai dengan 12 bulan yang terbagi dalam tiga tahap. 

Tahap pertama, pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, tahap kedua pendidikan dasar golongan selama 2 bulan. Semuanya dilaksanakan di Puslatdiksarmil. 

Sedangkan tahap ketiga pendidikan dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait, yaitu  kejuruan  non marinir 5 bulan dan kejuruan marinir selama 7 bulan.

Menurutnya pendidikan di Puslatdiksarmil ini tidaklah ringan, Dankodiklatal berharap para siswa selalu membina dan meningkatkan fisik dan mental, karena fisik dan mental yang kuat mutlak diperlukan dalam menghadapi latihan yang  berat sebagai upaya mengubah pribadi yang semula berasal dari  masyarakat umum menjadi prajurit matra laut yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak kultur keangkatanlautan yang diwujudkan dalam bentuk naluri tempur, keteladanan, dan integritas pribadi yang militan dilandasi nilai-nilai  kejuangan yang tinggi, sehingga memenuhi tuntutan kebutuhan operasional satuan pengguna baik di KRI dan batalyon maupun satuan pendirat lainnya.

“ Saudara adalah pemuda dan pemudi  Indonesia yang terpilih dan  memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan sebagai prajurit TNI AL. Oleh karena itu  jangan  sia-siakan  kesempatan   yang   telah   diraih   dan tunjukkan bahwa saudara siap untuk mengikuti pendidikan calon prajurit bintara TNI AL yang berjiwa sapta marga, memiliki naluri tempur yang hebat, bermental baja, tahan terhadap situasi dan kondisi yang tidak menentu, agar berhasil menjadi prajurit tni al yang bermoral, profesional dan berani.” Tegas Dankodiklatal.

Disisi lain disampaikan dalam rangka pemenuhan personel TNI AL untuk pengawakan organisasi yang terus berkembang, saat ini Kodiklatal juga melaksanakan pendidikan di Satdik-1 Tanjung Uban, Satdik-2 Makassar dan Satdik 3 Sorong, dan mereka yang dididik di satuan-satuan tersebut juga merupakan rekan-rekan kalian yang akan dibuka secara berurutan setelah pembukaan ini.  Oleh karena itu, lekas bangun silaturahmi dengan baik, walaupun tempat pendidikan berbeda.

Hadir dalam pembukaan pendidikan tersebut  para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya  para Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal,  Komandan  Kodikopsla, para Komandan  Kodik, Komandan Puslat dan Komandan Pusdik jajaran Kodiklatal. (Pen Kodiklatal)

0 komentar:

Posting Komentar