Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 11 Januari 2022

Di Sidoarjo, Tim Vaksinator AAL Sasar 520 Siswa SD


KABARPROGRESIF.COM: (Sidoarjo) Tim Vaksinator Akademi Angkatan Laut (AAL) terus lanjutkan program Vaksinasi Maritim TNI AL yang kini menyasar anak-anak, tercatat 520 siswa Sekolah Dasar (SD) usia 6-11 tahun berhasil mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama dan kedua yang digelar di SD Krian 3 Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (11/1).

Menurut penanggungjawab vaksinasi yang juga Kasubditkes, Ditpers AAL, Letkol Laut (K) dr. Bambang Hartono, Sp. Rad (K) Rl mengatakan, dari 520 anak yang tervaksin hari ini, 519 anak diantaranya mendapatkan vaksin dosis pertama, sedangkan satu anak lainnya mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

“Untuk vaksinasi anak yang dilakukan vaksinator AAL hari ini, Suditkes menurunkan 20 Tenaga Kesehatan, sedangkan jenis vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinovac,” terang dr. Bambang.

Vaksin Sinovac ini lanjutnya, sudah mendapatkan status EUA dari BPOM dan BPOM sudah mengkaji sangat lama. Bahkan izin ini sudah dikeluarkan BPOM jauh-jauh hari. Penyuntikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun ini, dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh dibagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili.

"Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi, terlebih dulu dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi," terangnya.

Vaksinasi untuk anak  ini,  tambahnya, sangat penting karena anak merupakan mata rantai dari herd immunity. Apabila anak-anak ini sudah divaksin, maka mereka akan terlindungi dari ancaman paparan virus corona.

Kepala Sekolah SD Krian 3 Sidoarjo, Lukman Hadi, mengucapkan terimakasih kepada TNI AL khususnya AAL yang telah menjadikan siswa SD Krian 3 Sidoarjo yang berlokasi di Jl. Gubernur Sunandar Prijosoedarmo No.18, Magersari Krian dan masyarakat di sekitar lokasi sekolah sebagai sasaran pelaksanaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

Sementara itu Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah ditempat terpisah mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun ini akan terus dilakukan sejak pelaksanaan resmi pemerintah pada 14 Desember lalu oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Menurut Gubernur AAL, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Jadi yang penting kita harus dukung vaksinasi anak 6-11 tahun ini, terutama untuk meningkatkan percaya diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya sehingga tidak khawatir lagi karena sudah terlindungi oleh vaksin covid-19,” tutur Gubernur AAL.

Vaksinasi ini lanjutnya, sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, untuk terus gencarkan serbuan vaksinasi menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) kepada masyarakat maritim dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Indonesia.

Ia menegaskan bahwa gelaran vaksin ini akan terus berlanjut dengan mengerahkan sumber daya yang dimiliki AAL, selain sebagai bakti TNI/TNI AL kepada bangsa dan negara, juga sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi AAL dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat. (Pen AAL)

0 komentar:

Posting Komentar