Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 27 September 2023

Hari Kedua Latihan Keterampilan Prosedur Pengoperasian V-SAT, Peserta Pelatihan Masuki Tahap Lattek


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Memasuki hari kedua Latihan Keterampilan Prosedur  Pengoperasian V-SAT yang digelar Dinas Komunikasi dan Elektronika (Diskomlek) Koarmada II yang mana sebelumnya di hari pertama, Peserta mendapat teori tentang cara prosedur pengoperasian V-SAT dan Standart Operasionalnya (SOP), serta pemeliharaannya oleh Instruktur yang berasal dari Team Teknis PT. Sinergi Mitra Komunikasi (SMK).

Di hari kedua seluruh peserta mendapat materi Praktek Pengenalan alat dan Instalasi serta pemeliharaan VSAT Sailor 900, bertempat di ruang kelas Diskomlek Koarmada II. Selanjutnya seluruh peserta dibawa ke KRI Surabaya-591 untuk melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) dan mengoperasikan langsung V-SAT.

Salah satu peserta Latihan Keterampilan Prosedur Pengoperasian V-SAT mengatakan  dengan adanya latihan ini kami menjadi lebih banyak tahu tentang cara penggunaan dan cara memelihara peralatan VSAT, sehingga peralatan yang dimiliki sekarang dapat kami pergunakan secara optimal.

Sementara itu, Kadiskomlek Koarmada II Kolonel Laut (E) Wakhid Nur Ismail, S.T., mengatakan bahwa dengan digelarnya latihan ini dapat meningkatkan kemampuan personel komunikasi TNI Angkatan Laut dan menghasilkan personel-personel yang profesional, sehingga dapat mewujudkan TNI Angkatan Laut yang berkelas dunia," ujar Kolonel Wakhid sapaan akrabnya.

Perlu diketahui V-SAT sendiri merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yakni stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari V-SAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

0 komentar:

Posting Komentar