Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 07 April 2023

Antisipasi Fenomena El Nino Pemerintah Pusat Recana Impor Beras 2 Juta Ton


KABARPROGRESIF.COM: (Tuban) Diprediksi fenomena El Nino akan terjadi di wilayah Indonesia, yang  memicu terjadinya  kekeringan panjang, karena itu cadangan beras sangat dibutuhkan Bulog.

Pemerintah pusat berencana mengimpor beras hingga 2 juta ton tahun 2023. Impor dilakukan untuk memperkuat cadangan beras di Perum Bulog tahun ini.

"Itu untuk cadangan Bulog karena kemungkinan akan ada namanya El Nino, keringan panjang," terang Presiden  Jokowi usai tanam padi di Kawasan Daulat Pangan, Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban,  Kamis (6/4).

Jokowi megatakan atas kondisi tersebut Perum Bulog dan Badan Pangan harus mempersiapkan diri dengan memperkuat cadangan beras dengan melakukan impor.

Jokowi menyebut, jangan sampai ketika musim kering tiba, pemerintah kebingungan mencari stok beras.

"Jangan sampai udah musim kering panjang, kita binggung mau beli beras ke Thailand, Vietnam, India dan ke Pakistan barangnya enggak ada. Ini yang kita hindari, karena El Nino tidak hanya di Indonesia di negara-negara itu juga terjadi," jelas  Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kebijakan impor 2 juta ton beras tersebut tidak akan mempengaruhi harga gabah petani di dalam negeri. 

Menurutnya harga saat ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Di Kabupaten Tuban, lanjut  Presiden Jokowi, harga gabah saat ini bisa tembus Rp 5.700 dan tahun lalu hanya Rp 4.000 sampai Rp 4.200.

"Ini mengantisipasi. Dan ini tidak menggangu harga gabah petani,"  Jokowi  mengakiri 

0 komentar:

Posting Komentar