Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 11 April 2023

Dislambair Koarmada II Laksanakan Harbour Clearance


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II melaksanakan latihan Harbour Clearance, yang dilaksanakan tanggal 3 s.d. 12 April 2023, di Perairan Selat Madura. Latihan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II Kolonel Laut (T) Yudha Pia R., M.Tr.Hanla.

Harbour Clearance adalah suatu operasi Penyelam TNI AL yang bertujuan untuk melakukan survey and underwater inspection terhadap kondisi dermaga yang akan dilalui atau menjadi area sandar unsur KRI dalam suatu dermaga atau pangkalan, di mana apabila ditemukan objek atau benda yang menghalangi, menghambat, bahkan mengancam unsur KRI, selanjutnya akan dilaksanakan netralisasi terhadap object dan underwater repair oleh tim Penyelam TNI AL.

Dalam skenario latihan kali ini, Penyelam TNI AL Dislambair melaksanakan survey and inspection area dermaga pangkalan basis Koarmada II menggunakan Side Scan Sonar kemudian ditemukan object yang selanjutnya diidentifikasi menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV) dengan hasil diasumsikan object mengancam alur atau laju KRI sehingga harus dilaksanakan netralisasi atau demolisi bawah air.

Dalam sambutannya, Kadislambair Koarmada II menyampaikan bahwa latihan Harbour Clearance merupakan latihan yang wajib dilaksanakan guna mengasah kemampuan khusus yang dimiliki prajurit Penyelam TNI AL, dan tentunya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengoperasian alat deteksi bawah air dan demolisi bawah air, serta mempersiapkan diri jika mendapat tugas dalam suatu operasi Harbour Clearance.”

0 komentar:

Posting Komentar