Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 27 September 2021

Satgas KJK 2021 Laksanakan Bansos di Pulau Terdepan NKRI.


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Dalam pelayaran menuju Ranai, Kepulauan Riau, KRI Bima Suci berserta Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68 yang tergabung dalam Satgas Operasi Kartika Jala Krida (KJK) 2021, singgah dan salurkan bantuan kepada penjaga perbatasan Satgaspam Pulau Terdepan Posal Pulau Laut tepatnya di Desa air payang dusun tanjung batu kec. Pulau laut, Kabupaten Natuna, Sabtu (25/09). 

Pulau Laut adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.Pulau Laut yang berada di titik koordinat 04 3O 30_4 48 02 LU dan 107 43 06 _108 01 46 BT. Luas wilayah Pulau Laut sekitar 37,58 km2. 

Batasan wilayah Pulau Laut yaitu batas utara dan timur dengan Laut Cina selatan dan Pulau Laut merupakan pulau yang berada di perbatasan antara negara Vietnam dan Malaysia di laut Cina Selatan dan berdekatan dengan pulau Sekatung yang memiliki luas 1,65 Km2 dibawah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Dikecamatan Pulau Laut memiliki 3 Desa diantaranya Desa Air payang, Desa Kasur dan Desa Tanjung Pala serta memiliki 2 buah Suar yaitu Mercusuar Pulau Sekatung dan Mercusuar Pulau Semiun yang memiliki kurang lebih 700 kepala keluarga. Pulau Laut juga memiliki 3 buah rambu suar yang terletak di Pulau Sebatur, Karang Sebuntar dan Tokong Buruk. 

Dibidang Hankam Pulau Laut, memiliki Pos TNI AL dengan jumlah anggota 3 orang dan pos pengamanan daerah terluar dengan jumlah anggota 31 orang yang terletak di pulau Sekatung. Untuk pos Marinir dengan jumlah 1O orang. Selain aparat TNI AL, di Kecamatan Pulau Laut sudah memiliki KORAMIL dengan 6 orang anggota serta 3 orang BABINSA ditiap daerah. 

Untuk menuju ke desa Air Payang dalam rangka penyerahan bantuan sosial (bansos) dengan menggunakan rescue boat dari KRI Bima Suci dipimpin langsung oleh Komandan Satgas Kartika Jala Krida (KJK) 2021,Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla didampingi Kadeplog KRI Bima Suci Kapten Laut (S) Mico Prama, Paping Taruna Letda Laut (S) Hanifah serta perwakilan dari para anak buah kapal (ABK) KRI Bima Suci beserta 4 perwakilan dari Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). Mereka menyerahkan bantuan berupa sembako dan alat untuk menyemprot (semprotan disinfektan) diterima langsung oleh Bapak Kepala desa Air Payang Bapak Hendri kemudian langsung di distribusikan kepada warga sekitar. 

Sesampainya di Desa Air Payang yang dihuni 312 kepala keluarga (KK) di sambut langsung oleh Wadan Satgas Pulau terluar (puter) Pulau Sikatung Serma Marinir Tayuri, kepada komandan posal pulau laut Letda Laut (T) Sunarto yang di dampingi 2 orang Anggota yaitu Serda (jas) David selaku babinpotmar posal pulau laut, pelda dudung, wakil Camat Pulau Laut Bapak. Winarto, kepala desa Air Payang Bapak. Edi Sentani, ketua BPD Air Payang Bapak Hendri, tokoh masyarakat Bapak Sofyan dan Bapak Marani serta masyarakat Lainnya 

"Bantuan Sosial di pulau terluar yang dilaksanakan oleh satgas KJK 2021 ini merupakan bentuk atau wujud nyata kepedulian TNI AL kepada masyarakat sehingga kehadiran TNI AL dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat sekitar dan kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan oleh KRI Bima Suci," ujar Komandan 

Komandan juga berharap taruna dapat mengetahui situasi dan kondisi pos-pos yang berada di pulau terluar sehingga kedepannya ketika mereka menjadi pemimpin TNI AL bisa lebih memperhatikan prajurit yang betugas di daerah terluar NKRI (Dispen Koarmada II)


0 komentar:

Posting Komentar