Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 29 Agustus 2023

Akibat Cuaca Buruk, Tim Posal Samuda Bantu Penyelamatan KLM Berkat Sentosa Jaya yang Tenggelam di Perairan Teluk Sampit


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Tim Pos TNI AL Samuda di bawah jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Koarmada II melaksanakan aksi cepat pertolongan pertama dan penyelamatan terhadap korban tenggelamnya Kapal Layar Motor (KLM) Berkat Sentosa Jaya di Perairan Teluk Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, pada titik koordinat 03°23'401"S 113°0'583"E. Senin (28/8).

Adapun kronologis tenggelamnya KLM Berkat Sentosa Jaya terjadi dikarenakan cuaca buruk. Air tiba-tiba masuk ke kapal, mesin pompa kapal tidak mampu untuk membuang air yang masuk ke dalam kapal, sehingga kapal mulai tenggelam. 

Melihat kondisi tersebut, delapan ABK KLM Berkat Sentosa Jaya menyelamatkan diri dengan menggunakan Lifecraft dan membuat rakit dari peralatan yang ada di kapal.

Tim Posal Samuda bersama SAR Gabungan menemukan korban tenggelamnya KLM Berkat Sentosa Jaya sedang mengapung dengan menggunakan rakit ± 9 Mil dari Pantai Kalap, Ujung Pandaran pada titik kordinat 3°15'978"S 112°55'762"E, dan selanjutnya di evakuasi ke Dermaga Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kotawaringin, Kalteng.

Setelah tiba di Posal Samuda dalam keadaan aman, para korban diserahkan kepada Agen Pelayaran untuk kemudian dimintai keterangan lebih lanjut.

Langkah cepat penyelamatan yang dilakukan Tim Posal Samuda tersebut merupakan implementasi perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., agar selalu siaga dan siap merespon dalam segala kedaruratan di laut.

0 komentar:

Posting Komentar