Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 29 Agustus 2023

Kaskoarmada II Buka Diskusi Interaktif Implementasi Hukum Laut Internasional


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, M.Tr.,Opsla., CHRMP., mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., M.Tr.Opsla., membuka Diskusi Interaktif Implementasi Hukum Laut Internasional oleh Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, kegiatan ini berlangsung di Lounge Majapahit Kaormada II, Surabaya. Selasa (29/08).

Pada kegiatan ini hadir sebagai Narasumber yaitu Dr. Agung Pramono, S.H., M.Hum., (Dosen Magister Ilmu Hukum FH UHT Surabaya), dengan Materi yang disampaikan tentang "Kapal Perang Dalam Implementasi Hukum Laut Internasional".

Adapun sambutan Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II menyampaikan, Saya menyambut baik dan berterima kasih atas dilaksanakanya diskusi ini, dimana implementasi hukum laut Internasional memiliki dampak luas dan signifikan dalam menjaha keamanan, kerjasama dan keberlanjutan di Lautan Dunia, serta memiliki irisan yang kuat dan langsung dengan bidang tugas di Koarmada II.

Hukum Laut Internasional yang meliputi konvensi Hukum Laut perserikatan Bangsa-bangsa atau Unclos, implementasi hukum laut internasional memainkan peran penting dalam menjaga perdamaian, stabilitas dan keamanan di lautan, serta dalam mempromosikan kerja sama lintas negara untuk pelestarian lingkungan laut yang rentan.

"Selama beberapa dekade terakhir negara-negara di seluruh dunia telah berkomitmen untuk menerapkan dan mematuhi Prinsip-prinsip dan aturan yang terkandung dalam Unclos, implementasi yang efektif dari hukum laut Internasional tidak hanya menciptakan landasan hukum yang jelas untuk penggunaan lautan dan sumber dayanya tetapi juga membantu mencegah sengketa dan konflik yang dapat timbul karena interprestasi yang berbeda, hari ini kita mengakui upaya kolektif untuk memastikan bahwa Hukum Laut Internasional dihormati dan diterapkan oleh semua pihak yang terlibat kolaborasi lintas Negara, dialog terbuka dan saling pengertian sangat penting dalam menjaga hubungan yang harmonis diantara negara dan masyarakat yang berbagi sumber daya laut yang sama.

Mari kita bersama-sama membangun kesadaran dan komitmen untuk menghormati menerapkan dan memelihara hukum laut internasional demi masa depan lautan yang berkelanjutan dan damai," pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata yang diberikan oleh Dr. Agung Pramono, S.H., M.Hum., kepada Kaskoarmada II.

0 komentar:

Posting Komentar