Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 19 April 2018

Dankodiklatal Buka Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H/2018 M


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P secara resmi membuka pelaksanaan peringatan Isra’ Mi’raj  Nabi Muhammad SAW tahun 1439 Hijriah/2018 Masehi yang dipusatkan di gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro  Kodiklatal, Surabaya.

Peringatan Isra’ Mi’raj  Nabi Muhammad SAW tahun 1439 Hijriah/2018 Masehi tersebut selain dihadiri Komandan Kodiklatal juga dihadiri pejabat utama Kodiklatal, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ina Darwanto, para Komandan Kodik, komandan Pusdik, Komandan Sekolah, prajurit dan PNS Kodiklatal serta Ustazd KH. Bustomi Chusnan sebagai penceramah.

Adapun tema yang diambil dalam pelaksanaan Peringatan Isra Mi’raj  Nabi Muhammad SAW tahun 1439 Hijriah/2018 Masehi adalah “Jadikan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H/2018 M sebagai sarana Pemantapan Iman dan Taqwa prajurit dan PNS TNI yang berjiwa kesatria, militan, loyal, profesional, modern dan manunggal dengan rakyat.”

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Isra mi’roj yang diselenggarakan secara sederhana ini diharapkan sebagai wadah kegiatan syiar agama yang dapat mengingatkan pada jati diri sebagai manusia yang perlu keseimbangan antara kebutuhan duniawi dan rohani dalam mengarungi hidup menuju kehidupan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Menurutnya setiap kali bulan Rajab datang, kaum muslimin selalu menyambutnya dengan kemuliaan untuk memperingati peristiwa besar yang terjadi pada bulan itu yaitu perjalanan besar Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada malam 27 bulan Rajab tahun 612 Masehi. Malam tersebut merupakan perjalanan kilat Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke masjidiul Aqsha di Baitul Maqdis Palestina, untuk kemudian terus ke langit sampai Sidratul Muntaha dan kembali ke Mekkah yang hanya ditempuh sepertiga malam.

Banyak hikmah dan kisah dari perjalanann tersebut namun yang terpenting dari perjalanan tersebut adalah perintah menunaikan shalat lima waktu sehari semalam yang secara khusus disampaikan langsung oleh Allah SWT melalui proses Mi’roj tanpa melalui malaikat Jibril Alaihis Salam. Hal ini menandakan bahwa ibadah Sholat mempunyai kedududkan yang sangat tinggi karena merupakan kunci semua Ibadah yang didalamnya mengandung nilai-nilai hikmah dan rahasia keutamaan yang sangat dalam.

Dari uraian diatas, diharapkan tidak ada satupun anggota Kodiklatal yang meningganlkan shalat. Setiap kali mendengar azan hentikan semua kegiatan segera ambil wudhu untuk mengerjakan sholat sebagai dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.     

Sementara itu, Ustazd KH. Bustomi Chusnan dalam ceramahnya menekankan tentang pentingnya ibadah sholat yang merupakan inti dari peristiwa Isra’ Mi’raj. Sholat adalah mi’rajnya bagi orang-orang mukmin, karena sholat merupakan kunci kehidupan bagi umat manusia.(arf)

0 komentar:

Posting Komentar