Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 25 April 2018

Pemkot Surabaya Pastikan Hasil Uji Kelayakan Jembatan Ujung Galuh Keluar Seminggu Lagi


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya dan tim ITS sudah melakukan uji kelayakan atau uji beban Jembatan Ujung Galuh, Selasa (25/4/2018) kemarin. Hasilnya, baru akan keluar seminggu lagi setelah pelaksanaan pengujian, karena harus dilakukan analisa lebih mendalam.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati mengatakan uji kelayakan itu untuk mengetahui kualitas beban jembatan yang idealnya mencapai 50 ton. Namun, kali ini diuji dengan beban berat 200 ton.

“Alhamdulillah uji Jembatan Ujung Galuh telah selesai dengan lancar, dan hasilnya akan diberikan kepada kami maksimal satu minggu lagi,” kata Erna, Rabu (25/4/2018).

Menurut Erna, dalam pengujian kelayakan itu menggunakan delapan truk yang masing-masing bebannya 25 ton, sehingga total ada sekitar 200 ton sesuai standart pengujian jembatan nasional. Delapan truk itu diletakkan berjajar di atas jembatan baru itu.

Saat pengujian itu, dipasang scanner dan detector di sejumlah titik jembatan yang memiliki panjang 15 meter dan lebar 14 meter itu. Selain itu, ada pula panel pemindai dipasang di sejumlah ruas jembatan, termasuk di bagian atas dan bawah yang nantinya tersambung di monitor.

“Semuanya sudah dilakukan oleh tim ITS, dan selanjutnya kami akan terus mengawasi jembatan ini,” imbuhnya.

Erna menilai, Jembatan Ujung Galuh itu diperkirakan usia kelayakannya 50 tahun. Namun, tentunya sebelum 50 tahun akan terus diawasi.

“Bahkan, kami setiap tahun biasanya melakukan pengawasan terhadap semua jembatan di Surabaya,” kata dia.

Erna memastikan, nantinya tidak hanya Jembatan Ujung Galuh yang akan diuji kelayakannya. Tapi, akan ada sekitar 20 jembatan yang akan diuji kelayakan, termasuk jembatan-jembatan peninggalan zaman kolonial Belanda.

“Diantaranya kami prioritaskan Jembatan BAB, Jembatan Ahmad Jaiz, dan Jembatan Genteng,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan uji kelayakan Jembatan Ujung Galuh sudah berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun, termasuk arus lalu lintas selama pelaksanaan uji kelayakan.

“Alhamdulillah lancar semuanya. Kami sudah tutup arus menuju ke jembatan itu mulai pukul 08.00 Wib dan selesai sebelum rencana, yaitu pukul 17.00 Wib,” kata dia.

Setelah semua selesai, maka arus lalu lintas menuju jembatan itu dibuka, sehingga semakin memperlancar arus lalu lintas di kawasan Jembatan Ujung Galuh. Bahkan, ia juga mempersilahkan kepada masyarakat untuk kembali menikmati Jembatan Ujung Galuh itu.

“Mulai saat itu pula, arus lalu lintas disitu kembali seperti beberapa hari lalu,” tegasnya. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar