Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 01 November 2023

Dinas Hukum Koarmada II Ikuti Sarasehan Perwira Korps Hukum TNI Angkatan Laut


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Agar terwujudnya pembinaan Perwira Korps Hukum TNI AL dalam sistem pembinaan personel yang baik, terkoordinasi dan bersinergi serta terjalinnya komunikasi Perwira Korps Hukum dengan Ketua Korps Hukum sehingga tercapai kesamaan Visi, Misi, Persepsi, Pola Sikap dan Tindakan.

Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Koarmada II Kolonel Laut (KH) Yopi Roberti Riry, S.H., M.H., mengikuti acara sarasehan Perwira Korps Hukum TNI Angkatan Laut Wilayah Timur Tahun 2023 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskum TNI AL) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H.,

Acara berlangsung di Hotel Grand Whiz Trawas Mojokerto. Rabu (1/11). Diikuti 120 personel yang terdiri dari 59 Perwira Hukum yang hadir secara langsung dan 61 perwira hukum mengikuti secara vicon.

Dalam sambutannya Kadiskumal mengatakan berdasarkan keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Nomor KEP/2535/VII/2022 tanggal 7 Juli 2022 tentang pembentukan Korps Hukum TNI Angkatan Laut. Bahwa Korps Hukum Angkatan Laut telah menjadi Korps yang ke-9 dari Korps perwira TNI Angkatan Laut bersama dengan Korps lainnya untuk perwira dengan sebutan "Hukum" (H) dan kejuruan Bintara dan tamtama hukum dengan sebutan "HUM".

Lebih lanjut Kadiskumal menyampaikan bahwa tantangan ke depan personel Korps Hukum TNI AL semakin besar dan dituntut mampu menyelenggarakan fungsi-fungsi hukum pada bidang Hukum Laut, Penegakan Hukum di laut dalam hal Penyidikan Tindak Pidana Tertentu di laut, Humaniter dan Hak Asasi Manusia, Penataan Peraturan Perundang-Undangan, Kesadaran dan Penegakan Hukum, Bantuan Hukum serta Perjanjian dan Kerja Sama di dalam maupun di luar lingkungan TNI AL.

"Untuk menyamakan persepsi dan mewujudkan SDM yang profesional sesuai bidang keilmuannya diperlukan adanya pembinaan sistematis, terarah dan berkesinambungan guna mencapai hasil optimal. Salah satu upaya pembinaan personel dalam rangka mendukung terwujudnya TNI AL yang “Modern, Menggentarkan dan Berproyeksi Global” adalah dengan meningkatkan keahlian, sesuai Korps bagi personel pengawaknya". Pungkasnya.

Dalam sarasehan ini disampaikan paparan tentang Binpers Korps Hukum dan Permasalahannya oleh Kadiskum Koarmada II serta dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh Sekdiskumal.

0 komentar:

Posting Komentar