Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 22 Februari 2015

TNI dan LDII Punya Visi Sama Ingin Tetap Tegaknya Ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika

KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Kasrem 084/BJ Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro mewakili Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad mensosialisasikan Membangun  Pemuda Berkarakter Pancasila dalam acara Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kader Pemuda DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Timur di Aula Pondok Pesantren Sabilurrosyidin Surabaya Jalan Gayungan VII No.11 Surabaya, Sabtu (21/2). Diklat Pemuda LDII diikuti oleh 180 orang peserta terdiri dari pengurus dan anggota DPW, Utusan DPW, Pengurus Muda-Mudi Daerah dan Utusan Biro Pemuda DPD LDII Kabupaten/Kota

Diklat Pemuda LDII Provinsi Jawa Timur bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran pemuda bahwa dirinya adalah warganegara NKRI yang memiliki Pancasila dan UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, memahami akan hak dan kewajibannya dan mempunyai rasa bangga, cinta tanah air dan serta berkorban demi kepentingan Negara dan bangsa. Hasil-hasil Diklat kader pemuda LDII ini nantinya akan disosialisasikan dan disebarluaskan kepada para warga LDII, generasi muda LDII dan masyarakat luas pada umumnya.

Pangdam V/Brw  Eko Wiratmoko, S.Sos dalam sambutan yang disampaikan oleh Kabintaldam V/Brw Letkol Caj M. Rifai menyampai salam dan Bapak Pangdam sekaligus mengucapkan selamat melaksanakan pendidikan dan latikan pemuda LDII semoga sukses. Jika Negara ini ingin maju maka setiap generasi penerus termasuk generasi muda LDII harus dibekali dan dipersiapkan untuk menggantikan dan memimpin Negara di masa depan.

Dalam sambutannya ketua DPW LDII Provinsi Jawa Timur Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc mengingatkan bahwa Pemuda sebagai pilar bangsa dan Negara termasuk pemuda LDII tidak boleh bodoh, oleh karena itu dibutuhkan peningkatan sumber daya manusia melalui Pendidikan dan Latihan (Diklat) LDII. LDII mengetahui dan memahami bahwa negara Indonesia didirikan atas dasar Pancasila dan UUD 1945 bukan negara agama. Dengan kegiatan Diklat Pemuda LDII Provinsi Jawa Timur, para peserta sebagai generasi penerus kepemimpinan bangsa diharapkan bisa memupuk lebih dalam rasa cinta tanah air, nasionalisme patriotisme sehingga tidak mudah terprovokasi dari pihak manapun yang sengaja untuk meruntuhkan keutuhan NKRI dan bangsa tercinta Indonesia Raya.

Lebih jauh ketua DPW LDII Provinsi Jawa Timur menjelaskan bahwa para pemuda LDII sangat mendukung slogan kuat TNI dan Pemerintah: mempertahankan NKRI Harga Mati. Ancaman asing melalui kegiatan terorisme, komunisme, narkoba, pornografi, penyelundupan dan perdagangan manusia, diskriminasi dll sudah sangat nyata ingin menggoyahkan dan menghancurkan NKRI. Oleh karena itulah pemuda, Organisasi LDII atau Ormas LDII ingin bersama-sama dengan TNI dan pemerintah tetap menjaga keutuhan wilayah NKRI, tanah air Indonesia. Dengan landasan agama Islam yang kuat dengan disatukan dengan 4 pilar kebangsaan yaitu ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhinnneka Tunggal Ika dan NKRI akan terciptalah kondisi yang aman, adil dan sejahtera sehingga didalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT juga bisa lebih khusyu’ dari pada harus ada konflik yang sebetulnya tidak perlu terjadi.

Sementara itu, Danrem 084/BJ Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad melalui Kasrem 084/BJ Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro menjelaskan bahwa membangun pemuda berkarakter Pancasila ibaratnya memupuk dan menyirami pohon yang gersang. Untuk ini sangat penting mempersiapkan dan membentuk pemuda berkarakter Pancasila sejak dini. Dari pengalaman sejarah, terbukti betapa berat mencintai dan mempertahankan NKRI yang dimulai sejak jaman kerajaan Mojopahit, Perang Kedaerahan melawan Penjajah 300 tahun, Kebangkitan Nasional  20 Mei 1908 dan 28 Oktober 1928 sampai akhirnya berhasil merebut kemerdekaan dan mengusir penjajah dari bumi pertiwi pada 17 Agustus 1945. Sementar itu, sejak lahir, TNI tidak didesain untuk mampu berperang sendiri (artinya TNI senantiasa harus bersama-sama berjuang dengan rakyat).

Lebih jauh Danrem menjelaskan potensi ancaman, posisi strategis dan keunggulan komparatif yang dihadapi bangsa Indonesia. Ledakan pertumbuhan penduduk dunia menyebabkan kelangkaan energi, pangan dan air sehingga menyebabkan kemiskinan, kelaparan dan kondisi kesehatan yang buruk. Indonesia yang kaya sumber daya alam tidak boleh maju dan menjadi incaran konsumen dan pasar dunia. Sehingga Indonesia harus menghadapi ancaman perang asimetris dan perang hibrida (kombinasi perang konvensional, asimetris dan perang informasi) atau proxy war dimana salah satu pihak dapat menggunakan pihak ketiga atau kelompok lain untuk berperang dan menguasai negara lain termasuk Indonesia.

Sekarang ini Indonesia sedang menghadapi krisis dan ancaman serius terhadap disintegrasi NKRI yaitu adanya degradasi nasionalisme, rendahnya kualitas SDM, militansi bangsa pada titik kritis, jati diri & kultur bangsa terkikis . Untuk itu pemuda LDII harus memahami dan memantapkan pilar-pilar kebangsaan : ideologi Pancasila, UUD 1945,  NKRI &  Bhinneka Tunggal Ika sebagai bagian kehidupan berbangsa dan bernegara sepanjang masa. Kemudian pemuda LDII harus mantapkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme kita dengan mewujudkan kebersamaan, kerukunan dan keharmonisan antar sesama komponen bangsa. Untuk itu pemuda LDII jangan ingkari Sumpah Pemuda 1928, jangan tinggalkan Pancasila, dan jangan alergi dengan Bhinneka Tunggal Ika.

TNI dan generasi muda bangsa termasuk pemuda LDII mempunyai visi yang sama tetap tegaknya ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Amalkan nilai-nilai karakter berlandaskan budaya bangsa. Lakukan yang terbaik, berani tulus dan ikhlas bagi Indonesia tercinta

Selain Danrem 084/BJ, ada beberapa pemateri Diklat Pemuda LDII Provinsi Jawa Timur lainnya yaitu Kadispora Jawa Timur, Ir H. Prasetyo Sunaryo, MT, Ir. H. Wildy Istimror dan H. Ludhy Cahyana, S.Sos. Semua materi yang disajikan sangat berbobot, sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk mempertahankan keutuhan dan tetap tegaknya NKRI serta kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam Diklat Pemuda LDII Jawa Timur, Kabintaldam V/Brw, pejabat mewakili Kapolda Jatim, Kadispora Jatim, Kasrem 084/BJ, Pengurus Ormas Pemuda, pengurus dan utusan DPW LDII, Pengurus Muda-Mudi Daerah, Utusan Biro Pemuda DPD LDII Kabupaten/Kota , acara Diklat berlangsung aman, tertib dan lancar. (arf).

0 komentar:

Posting Komentar