Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 01 Maret 2019

Prajurit Staf Mako Kodiklatal Laksanakan Samapta Periodik


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Sebagai prajurit kesegaran Jasmani merupakan sarat mutlak dalam kesuksesan melaksanakan setiap tugas kedinasan, untuk mengetahui kemampuan tersebut sedikitnya 150 prajurit yang berdinas di Staf Mako Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) melaksanakan tes Samapta atau tes kesegaran Jasmani yang dipusatkan di lapangan Dewaruci kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

 Adapun prajurit staf mako Kodiklatal yang melaksanakan samapta tersebut terdiri prajurit strata Perwira, Bintara dan Tamtama. Selain itu juga terdapat anggota Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdinas di Staf Mako Kodiklatal.

 Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta menyampaikan bahwa pelaksanaan samapta periodik ini merupakan program TNI AL untuk mengetahui kemampuan jasmani prajurit Staf Mako Kodiklatal guna mendukung kelancaran tugas pokok prajurit TNI Angkatan Laut, khususnya yang berdinas dilembaga pendidikan Kodiklatal.

Menurutnya sebelum melaksanakan kegiatan Samapta diawali dengan pengecekan personil yang akan melaksanakan tes samapta, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan mengukur tensi dan denyut nadi para peserta oleh petugas kesehatan dari Satuan Kesehatan Kodiklatal dan apabila ada prajurit yang kedapatan tensi tinggi untuk sementara waktu tidak melaksanakan tes samapta dan mengambil samapta di waktu lainya.

Dalam pelaksanaan tes kesegaran jasmani tersebut meliputi baterai A dan baterai B. Untuk baterai A lari dengan jarak tempuh 2400 meter, sedangkan baterai B meliputi  pull up selama 1 menit, sit up selama 1 menit, push up selama 1 menit, lari shuttle run secepat-cepatnya dan diakhiri renang. Bagi anggota  PNS tes Samapta hanya melaksanakan batere A yaitu lari 2.400 meter.

Untuk menentukan jumlah nilai samapta adalah jumlah dari nilai-nilai samapta baterai B dibagi 4.  Dari nilai hasil keseluruhan tes kesegaran jasmani (samapta A+B) ini dibagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik. Pelaksanaan samapta periodik ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar