Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 09 Februari 2024

Diskop UKM Jatim Latih UMKM Optimalkan Layanan Pengantar Barang secara Digital


Sidoarjo - KĂ€BARPROGRESIF.COM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) berkolaborasi dengan PT. Grab Teknologi Indonesia (GRAB Indonesia) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Layanan Pengantar Barang secara Digital untuk UMKM Jawa Timur, di Sidoarjo. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (9/2/2024), dalam kegiatan yang dihadiri lebih kurang 40 pelaku usaha Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur ini, Kepala Bidang Pemasaran Diskop UKM Jatim, Andrio Himawan Wahyu Aji menyampaikan perekonomian di Jawa Timur Tahun 2023 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai Rp2953,54 triliun. 

Ekonomi Jawa Timur Triwulan IV 2023 tumbuh sebesar 4,69 persen dibandingkan dengan Triwulan IV 2022. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha pengadaan listrik dan gas yang tumbuh sebesar 28,70 persen. 

Di sisi lain, perekonomian Jawa Timur juga didukung oleh peran Koperasi dan UMKM, dengan kontribusi sebesar 58,36% terhadap PDRB Jawa Timur. 

”Kami optimistis di tahun 2024, perekonomian Jawa Timur akan semakin bangkit dan terus meningkat dengan dukungan dari pemerintah dan stakeholder sehingga KUKM mampu berkembang dan perekonomian semakin membaik,” kata Andrio.

Semakin berkembangnya sebuah usaha dan meningkatnya permintaan pasar, lanjutnya, maka arus pengiriman barang yang cepat akan sangat diperlukan. 

Peran marketplace dalam mendistribusikan produk akan berdampak pada efektivitas, efisiensi hingga meningkatkan proses pemasaran yang dapat dilakukan dengan peningkatan layanan pengiriman barang ke tangan konsumen. 

Diskop UKM Jatim berupaya bersinergi dan berkolaborasi dengan para stakeholder serta marketplace untuk berperan  aktif dalam mendukung pemasaran baik koperasi dan UKM. 

Sinergi yang dimaksud dipresentasikan dalam bentuk pelatihan layanan pengantaran barang secara digital yang bertujuan untuk mempercepat pengiriman barang kepada customer.

Oleh karena itu, Andrio mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mendukung operasional usaha para pelaku UMKM di Jawa Timur dalam memasarkan produknya serta meningkatkan penjualan produk para pelaku UMKM melalui aplikasi GrabExspress.  

Mengawali paparan materinya, Project Koordinator GrabExpress Jawa Timur, Putri Ekawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskop UKM Jatim atas kesempatan yang diberikan kepada Tim GrabExpress untuk bertemu secara langsung dengan para pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur sehingga bisa memperkenalkan aplikasi  Grab yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM sebagai  sarana operasional, penjualan, serta pengiriman barang. 

Selanjutnya Putri menjelaskan mengenai fitur Grab Express. Grab Exspress merupakan salah satu fitur yang ada di Aplikasi Grab yang dapat digunakan untuk memudahkan proses pengiriman.

“Di sini saya ingin menyampaikan beberapa manfaat yang diharapkan dapat diperoleh oleh para pelaku UMKM dengan adanya kolaborasi ini, antara lain penggunaan GrabExpress Service bagi pelaku UMKM, seperti pada fitur Instan, pelaku UMKM dapat mengirimkan barang dari point ke point dan tersedia untuk motor dan mobil. Selanjutnya terdapat fitur Inter City Delivery yakni pengantaran paket ke kota lain, sehingga fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk mengirimkan pesanan ke luar kota”, jelas Putri. 

Selain kedua fitur tersebut, GrabExspress memiliki fitur pengiriman lainnya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Putri juga menjelaskan mengenai Klub Juragan GrabExspress yang merupakan komunitas eksklusif bagi para pedagang online pengguna GrabExspress, dengan berbagai keuntungan bagi para anggotanya, mulai dari promo menarik hingga kelas edukasi yang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM untuk mendapatkan berbagai keuntungan di GrabExspress.

Mengakhiri materinya, Putri menyampaikan beberapa output yang diharapkan melalui kolaborasi ini, 

“Diharapkan dalam kolaborasi ini pelaku UMKM dapat ikut serta menggunakan berbagai fitur yang ada di GrabExpress, fitur-fitur tersebut dapat memberikan manfaat dan memudahkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya, sebagai sarana pengantaran barang ke calon konsumen, hingga klub antar pengguna GrabExspress yang dapat memberikan berbagai keuntungan dan promo menarik bagi penggunanya,” imbuh Putri. 

0 komentar:

Posting Komentar