Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 11 September 2014

ENAM PRAJURIT KORPS MARINIR MENDAPAT KENAIKAN PANGKAT LUAR BIASA


KABARPROGRESIF.COM : Enam Prajurit Korps Marinir mendapat kenaikan pangkat luar biasa, yang disematkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio pada saat upacara HUT TNI Angkatan Laut yang ke 69 di Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya, Rabu (10/09/2014).

Dari ke enam prajurit Korps Marinir yang mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa tersebut, yaitu Koptu Mar Amriadi naik satu tingkat menjadi Kopka, Kopda Mar Suprahman naik satu tingkat menjadi Koptu, Praka Mar Suyono naik satu tingkat menjadi Kopda, Pratu Mar Asrul Pua Sagala naik satu tingkat menjadi Praka, Pratu Mar Dodi Andrian naik satu tingkat menjadi Praka, dan Pratu Mar Febri Maulana Ibrahim naik satu tingkat menjadi Praka serta satu personel dari Koarmabar KLK Carles M. R.Sihombing naik satu tingkat menjadi Kopda, dari ke enam prajurit Korps Marinir dan satu prajurit dari Koarmabar tersebut diberikan kenaikan pangkat luar biasa dalam operasi militer selain perang, dikarenakan telah berhasil menggagalkan aksi komplotan perampokan terhadap warga sipil.

Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut mengatakan, pada tahun 1945 tepatnya tanggal 10 september telah menjadi catatan dalam sejarah bangsa indonesia sekaligus tonggak lahirnya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan bersama. Melalui cucuran darah dan keringat, pengorbanan serta lika-liku panjang mewarnai jejak langkah perjuangan para pengawal samudera, berbagai pertempuran heroik melawan penjajah dalam mempertahankan dan memperjuangkan kejayaan bangsa indonesia ditempuh dengan berbagai perlawanan, tidak terkecuali bagi TNI Angkatan Laut sebagai alat pertahanan negara, yang melakukan perlawanan lewat laut. 

Beberapa pertempuran laut yang heroik, tercatat dengan tinta emas sejarah bangsa, seperti pendaratan pasukan-M yang dipimpin oleh Kapten Markadi dalam operasi lintas laut di selat Bali, dimana mereka berjuang bersama rakyat melawan kekuatan Belanda. Kemudian pertempuran Laut Aru yang dikomandani oleh Komodor Yos Sudarso dan beberapa pertempuran laut lainnya. Dari beberapa pertempuran tersebut, membuktikan bahwa sejakera pergerakan kemerdekaan, TNI Angkatan Laut memiliki kiprah yang tidak sedikit dalam mendharmabhaktikan jiwa dan raganya demi ibu pertiwi. Melihat fakta sejarah yang telah kita lewati, selayaknya sebagai generasi penerus bangsa harus senantiasa belajar dan instropeksi diri, bahwa untuk meraih keberhasilan diperlukan perjuangan, usaha dan tekad yang kuat, agar tercapai cita-cita yang diinginkan. Dalam acara ulang tahun ini kita semua merenungkan apa yang sudah kita dharma bhaktikan kepada bangsa dan negara. Bila dibandingkan dengan para pahlawan, maka perjuangan kita tidak terlalu sulit sehingga teladan para pahlawan dapat kita jadikan pendorong semangat untuk memberikan yang terbaik bagi TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara.

Selanjutnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut mengatakan, TNI Angkatan Laut selalu berkomitmen untuk memberikan Reward dan Punishment yang proporsional dalam pembinaan personel, salah satunya adalah kita telah saksikan bersama pemberian penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat lebih tinggi kepada para prajurit yang telah melakukan tugas diluar pengabdiannya, diluar apa-apa yang dituntut oleh TNI Angkatan laut, ini adalah bagian dari operasi militer selain perang. Ketujuh prajurit yang telah mendharmabhaktikan dan dapat menjadi contoh tauladan dan dapat memberikan motivasi bagi para prajurit lainnya, untuk benar-benar menjadi pengayom masyarakat bangsa Indonesia, yaitu melakukan tindakan berani dan terpuji yang telah menggagalkan aksi komplotan perampokan terhadap warga sipil, hal ini patut diapresiasi sebagai bentuk perwujudan jati diri TNI Angkatan Laut sebagai pelindung masyarakat, bangsa dan Negara.

Hadir dalam upacara HUT TNI Angkatan Laut tersebut, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington, Pangarmatim Laksda TNI Sri Mohamad Darojatim, Dankobangdikal Laksda TNI Widodo,S.E, M.Sc, Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Ivan AR. Titus, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) R.Gatot Suprapto, Danlantamal V Surabaya Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah dan para pejabat petinggi internal TNI Angkatan Laut. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar