Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 05 September 2014

PANGLIMA TNI MENINJAU KESIAPAN PASUKAN UPACARA HUT KE 69 TNI


KABARPROGRESIF.COM : Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko meninjau kesiapan prajurit dari berbagai unsur yang terlibat dalam upacara peringatan HUT ke 69 TNI di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur, Ujung, Surabaya, Kamis (04/09/2014).

Dalam meninjau kesiapan prajurit dari tiga matra yaitu, TNI AD, TNI AL dan TNI AU tersebut, Panglima TNI didampingi Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI M. Munir, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan M.P.A, M.B.A, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko dan para Pejabat Teras dijajaran TNI.

Sebelum meninjau secara langsung kesiapan pasukan upacara HUT ke 69 TNI, Panglima TNI terlebih dahulu melaksanakan penandatanganan prasasti Monumen Jenderal Sudirman di Lounge Majapahit Koarmatim, yang nantinya akan ditempatkan di Mako Kogartap III Surabaya.

Setelah melaksanakan penandatanganan prasasti, Panglima TNI dengan sangat serius mengamati satu persatu jalannya upacara, serta kemudian Panglima TNI menginspeksi secara langsung barisan pasukan upacara pada saat Parade yang diikuti ribuan prajurit TNI dari tiga Matra dan mengoreksi serta memberikan penilaian secara langsung setelah diadakan Defile Pasukan, kemudian memintanya untuk mengulangi dengan gerakan yang lebih sempurna. Secara umum Panglima TNI menilai persiapan yang dilaksanakan para prajurit sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI mengatakan, ini bukan gladi tapi latihan tahap awal, saya sengaja ingin melihat secara langsung kesiapan prajurit yang akan mengikuti jalannya upacara HUT TNI satu bulan sebelum pelaksanaan, agar bisa dikoreksi apa yang masih menjadi kekurangan.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan, pelaksanaan upacara peringatan HUT ke 69 TNI yang dipusatkan di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2014 dan akan dihadiri oleh Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai inspektur upacara dan nantinya akan ada pengerahan pasukan besar-besaran dari ketiga Matra serta atraksi udara yang melibatkan sekitar 200 pesawat tempur TNI AU, atraksi laut dan darat yang semuanya dilakukan dalam waktu singkat, sehingga persiapan harus benar-benarmatang”, tegasnya.

Pasukan yang terlibat dalam kesatuan upacara peringatan ke 69 HUT TNI kali ini, yaitu satu Unit Korps Musik Gabungan TNI (Korsik Korem 084/Baskara Jaya, Korsik Kobangdikal, Korsik Lantamal V dan Korsik Lanmar Surabaya). Sedangkan untuk pasukan upacara parade dan defile yaitu drumband Taruna TNI, satu kompi Perwira Menengah dan dua kompi Perwira Pertama, Brigade I upacara terdiri dari satu Batalyon POM TNI, Gabungan Wanita TNI dan Taruna Akademi TNI. Brigade II Upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon Kopasus, Infanteri Lintas Udara-503 Kostrad serta satu Batalyon 500 Raider. Brigade III Upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon 512/Quratara Yudha, Batalyon Kavaleri-3/Tank Anandaka Chakti, Batalyon Arhanudse-8/Marawaca Buana. Berikutnya Brigade IV Upacara TNI AL terdiri dari satu Batalyon Bintara, satu batalyon Tamtama Pelaut, dan satu Batalyon Marinir. Kemudian Brigade V Upacara TNI AU terdiri dari satu Batalyon Air Crew, Batalyon Bintara Tamtama TNI AU dan Paskhas serta satu Batalyon Pegawai Negeri Sipil TNI.

Usai meninjau kesiapan pasukan upacara parade dan defile, Panglima TNI selanjutnya meninjau kegiatan Tactical Floor Game (TFG) di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmatim.(*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar